PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MULTIMEDIA PADA MATERI ATLETIK LARI JARAK PENDEK PADA KELAS X SMAN 1 TALANG KELAPA

Authors

  • Derry Rizky Alvinata Universitas PGRI Palembang
  • Bambang Hermansah Universitas PGRI Palembang
  • Rury Rizhardi Universitas PGRI Palembang

Abstract

Dalam mengoptimalkan proses pembelajaran penjasorkes pada materi atletik lari jarak pendek agar masih tetap optimal dan dapat tersampaikan dengan baik pembelajaran dilakukan melaui sistem pembelajaran secara daring (online) karena pandemic Covid-19 yang tidak mungkinkan melakukan pembelajaran tatap muka ataupun secara langsung atau disekolah salah satunya pada materi penjasorkes. Penelitian ini menggunakan metode penelitian model Borg & Gall. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (Research and Development) adalah suatu metode penelitian yang Analisis Kebutuhan Observasi, dokumentasi, dan wawancara. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Bahan Ajar Multimedia Pada Materi Atletik Lari Jarak Pendek Pada Kelas X SMAN 1 Talang Kelapa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil validasi dengan ahli materi diperoleh nilai rata-rata 3,62 yang dapat dikategorikan “sangat validâ€. Sedangkan pada validasi dengan ahli media diperoleh bahwa nilai rata-rata 3,6 yang dikategorikan “sangat validâ€. Sedangkan pada hasil respon siswa memberikan respon positif dilihat dari hasil persentase uji coba lapangan pada skala kecil diperoleh nilai rata-rata 88,74% yang dikategorikan “sangat baikâ€. Sedangkan pada skala besar diperoleh jumlah rata-rata persentase yaitu 92,08% maka dikategorikan “sangat baikâ€. Sehingga dapat dikatakan bahwa bahan ajar multimedia pada materi atletik lari jarak pendek layak digunakan dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

References

Armansyah, Sulton, & Sulthoni. (2019). Armansyah, Sulton, & Sulthoni, 2019)Multimedia Interaktif Sebagai Media Visualisasi Dasar-Dasar Animasi. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(3), 224–229.

Arsyad, A. (2002). Media Pembelajaran, edisi 1. PT. Raja Grafindo Persada.

Asyhar, R., Harjono, S., & Hary. (2012). Pengembangan Media Audio-Visual Pembelajaran Lari Jarak Pendek Untuk Siswa Smp. Tekno-Pedagogi, 2(1), 1–21.

Diah, I., Nita, S., Informatika, D. T., Teknik, F., & Madiun, U. P. (2018). Pembuatan Video Sebagai Media Pembelajaranuntuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa. 1(2), 68–75.

Effendi, H., & Hendriyani, Y. (2018). Pengembangan Model Blended Learning Interaktif dengan Prosedur Borg and Gall. March. https://doi.org/10.31227/osf.io/zfajx

Munir. (2008). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Alfabeta.

Nopriyanti, & Sudira, P. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Developing Interactive Learning Multimedia the Basic Competency in Installing Lighting and. 5(5), 2.

Purnomo, E., & Dapan. (2011). Dasar-Dasar Gerak Atletik. http://staffnew.uny.ac.id/upload/131872516/penelitian/c1-Dasar dasar Atletik.pdf

Purnomo, E., & Dapan. (2017). Dasar-dasar Gerak Atletik. Alfamedia. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Published

2021-08-08