SURVEI KEMAMPUAN PASSING BAWAH PADA SISWA EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI DI SMA NEGERI 1 WARKUK RANAU SELATAN

Authors

  • Mudaharik Mudaharik Universitas PGRI Palembang

Abstract

Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah survei kemampuan passing bawah pada siswa ekstrakurikuler bola voli di SMA Negeri 1 Warkuk Ranau Selatan? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan passing bawah pada siswa ekstrakurikuler bola voli di SMA Negeri 1 Warkuk Ranau Selatan. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode deksriptif kuantitatif dalam bentuk survei. Populasi yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang esktrakurikuler bola voli di SMA Negeri 1 Warkuk Ranau Selatan dengan jumlah 20 orang, sedangkan sampel penelitian menggunakan total sampling sehingga disebut penelitian populasi sebanyak 20 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, sedangkan teknik analisis data menggunakan skor dan rata-rata. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada bab sebelumnya, disimpulkan bahwa rata-rata passing bawah bola voli pada siswa ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Warkuk Ranau Selatan sebesar 35, sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan passing bawah bola voli pada siswa ekstrakurikuler SMA Negeri 1 Warkuk Ranau Selatan termasuk dalam kategori sedang.

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Beutelstahl Dieter. 2013. Belajar Bermain Bola Voli. Bandung: CV. Pionir Jaya.

Chandra, Sodikin dan Sanoesi, Achmad Esnoe. 2016. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Henry, Dicko Fernandi. 2013. Kemampuan passing Atas Siswa Putra Peserta Ekstrakulikuler Bola Voli SMA N 1 Kesesi Kabupaten Pekalongan. Skripsi. Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi Jurusan Pendidikan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta.

Hermy, Susiana Hidayat. 2013. Tingkat Keterampilan Servis Atas, passing Atas, Dan passing Bawah Siswa Putra Peserta Ektrakurikuler Bola Voli Di SMK N 1 Pandak Bantul. Skripsi. Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi Jurusan Pendidikan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta.

Husdarta, Jaja Suharja dan Maryani Eli. 2010. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional

Kurniawan, Feri. 2011. Buku Pintar Olahraga (Mens Sana in Corpore Sano). Jakarta: Laskar Aksara.

Ma’mun dan Subroto. 2001. Belajar Bola Voli. Jakarta: Rineka Cipta.

Ngatioyo. 2008. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Widiastuti. 20015. Tes dan Pengukuran Olahraga. Jakarta: Bumi Timur Jaya.

Published

2021-08-08