PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO PADA PERMAINAN BOLA VOLI PERSEGI EMPAT

Authors

  • Agung Purnama Putra Universitas PGRI Palembang
  • Ilham Arvan Junaidi Universitas PGRI Palembang

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran berbasis video pada permainan bola voli yang valid digunakan bagi siswa SMA PGRI 5 Palembang. Metode penelitian merupakan metode RnD dengan model Borg and Gall. Sampel uji coba kelompok kecil 10 orang dan kelompok besar 20 orang. Pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli dan kuisioner pengguna. Analisis data menggunakan analisis persentase. Hasil penelitian ini adalah a) produk model media pembelajaran berbasis video pada permainan bola voli persegi empat pada siswa SMA PGRI 5 Palembang dinyatakan valid untuk digunakan mengingat rata-rata nilai evaluasi dari validator 85,55% dengan kateogri baik. b) Produk model media pembelajaran berbasis video pada permainan bola voli persegi empat pada siswa SMA PGRI 5 Palembang dinyatakan efektif digunakan karena hasil uji coba kelompok kecil diperoleh skor sebesar 91,11% dengan kateogri sangat baik. c) Produk model media pembelajaran berbasis video pada permainan bola voli persegi empat pada siswa SMA PGRI 5 Palembang dinyatakan efektif digunakan karena hasil uji coba kelompok besar diperoleh skor sebesar 93,44% dengan kateogri sangat baik. d) Produk akhir model media pembelajaran berbasis video pada permainan bola voli persegi empat valid digunakan di SMA PGRI 5 Palembang.

References

Bangun, S. Y. (2016). Peran Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Pada Lembaga Pendidikan Di Indonesia. Publikasi Pendidikan, 157.

Hidayat, S., Riyanto, P., & Rosman, D. B. (2018). Pengaruh Metode Bermain Terhadap Peningkatan Passing Bawah Dalam Permainan Bola Voli Siswa Ekstrakulikuler SMK Negeri 1 Sumbang. Biormatika, 1.

Maliki, T. S. (2017). Mengembangkan Model Latihan Servis Atas Bola Voli. Jurnal Siliwangi, 226.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 173.

Nugroho, E. (2015). Pengembangan Model Permainan Bola Voli “Voli Persegi Empat†Dalam Pembelajaran Penjasorkes Pada Siswa Kelas VIII SMP N 6 Kota Pekalongan .55-56.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Fitrah, 337.

Rohendi, A., & Suwandar, E. (2018). Metode Latihan Dan Pembelajaran Bola Voli Untuk Umum. Bandung: Alfabeta.

Setiyawan. (2017). Visi Pendidikan Jasmani Dan Olahraga . Jurnal Ilmiah Penjas, 74.

Silalahi, A. (2017). Development Research (Penelitian Pengembangan) dan Research & Development (Penelitian & Pengembangan) dalam Bidang Pendidikan/Pembelajaran.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan : Reseach and Development. Bandung: Alfabeta.

Tawakal, I. (2020). Buku Jago Bola Voli. Tangerang Selatan: Cemerlang.

Utama, A. B. (2011). Pembentukan Karakter Anak Melalui Aktivitas Bermain Dalam Pendidikan Jasmani. JPJI, 2.

Yusmar, A. (2017). Upaya Peningkatan Teknik Permainan Bola Voli Melalui Modifikasi Permainan Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Kampar. Jurnal Pendidikan Pengajaran Program Studi Pendidkan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau, 144.

Published

2021-08-08