TINGKAT KEMAMPUAN SERVIS PENDEK, SERVIS PANJANG, DAN PUKULAN CLEAR PADA SISWA PUTRA EKSTRAKURIKULER BULUTANGKIS DI SMP PGRI TEMPIRAI

Authors

  • Imam Agus Faisal Universitas PGRI Palembang
  • Husni Fahritsani Universitas PGRI Palembang

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar tingkat kemampuan servis pendek, servis panjang, dan pukulan clear permainan bulutangkis, melalui tes servis pendek, servis panjang, dan pukulan clear pada siswa putra ekstrakurikuler bulutangkis di SMP PGRI Tempirai. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan metode survei dengan teknik tes dan pengukuran. Penelitian ini merupakan penelitian populasi, sehingga subjek dari penelitian ini adalah seluruh siswa dalam populasi yang berjumlah 14 orang siswa. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes servis pendek, servis panjang, dan clear test. Skor yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik statistik yang dituangkan dalam bentuk persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa kemampuan teknik dasar bulutangkis siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bulutangkis di SMP PGRI Tempirai pada tes servis pendek dominan pada kategori cukup dengan rata-rata nilai 53 dan standar deviasi 12 dengan persentase sebesar 35,7%. Untuk tes servis panjang dominan pada kategori cukup dengan rata-rata nilai 32 dan standar deviasi 10 dengan persentase sebesar 50%. Sedangkan untuk clear tes dominan pada kategori cukup dengan rata-rata nilai 30 dan standar deviasi 8 dengan persentase sebesar 35,7% maka dari itu dapat disimpulkan bahwa kemampuan yang dimiliki siswa putra ekstrakurikuler bulutangkis di SMP PGRI Tempirai rata-rata pada kategori cukup.

References

Ardyanto, Sofyan. 2018. Peningkatan Teknik Servis Pendek Pada Bulutangkis Melalui Media Audio Visual. Semarang: Universitas Wahid Hasyim. (4)3.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bastomy, dkk. 2019. Pengaruh media bola gantung terhadap hasil belajar pukulan lob forehand bulutangkis. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya. (7)1.

Kurniawan, Feri. 2012. Buku Pintar Pengetahuan Olahraga. Jakarta Timur : Laskar Aksara.

Lesmana, S, Heru. 2018. Peran motor educability di dalam Meningkatan keterampilan Olahraga pada pembelajaran Penjas. Palembang: Universitas Negeri Padang. (1)1.

Muhajir. 2007. Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan: Yudhistira Ghalia Indonesia.

Sugiyono. 2013. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan Research and Development. Alfabeta.

Published

2021-08-08