PENGARUH LATIHAN MEMANTULKAN BOLA KE DINDING TERHADAP KEMAMPUAN PUKULAN BACKHAND DALAM PERMAINAN TENIS MEJA PADA MAHASISWA ANGKATAN 2020 DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN JASMANI UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG

Authors

  • I Made Andika Bayu Universitas PGRI Palembang
  • M. Taheri Akhbar Universitas PGRI Palembang

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah belum maksimalnya kemampuan backhand. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh latihan memantulkan bola ke dinding terhadap kemampuan pukulan backhand dalam permainan tenis meja pada mahasiswa Angkatan 2020 di Program studi Pendidikan Jasmani Universitas PGRI Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan jumlah sample 40 mahasiswa dari populasi yang ada. Sampel didapat dengan teknik sampel bersyarat purposive sampling. Penelitian ini diawali dengan tes awal dan tes akhir kemampuan pukulan backhand tenis meja. Latihan dilakukan selama lima minggu dengan frekuensi tiga kali seminggu. Menggunakan analisis data uji–t menunjukkan bahwa terdapat pengaruh latihan memukul bola ke dinding terhadap kemampuan pukulan backhand dalam permainan tenis meja pada mahasiswa Angkatan 2020 di Program studi Pendidikan Jasmani Universitas PGRI Palembang. Perbandingan harga thitung dengan nilai dari tabel distribusi–t, untuk taraf nyata α = 0,05 dengan derajat kebebasan (d.b.) = (n – 1) = 39 diperoleh thitung (3,214) > ttabel (1,684). Ini berarti hipotesis Ha yang diterima dan Ho ditolak. Dari analisis data dan pengujian hipotesis yang dilakukan maka dapat di simpulkan bahwa ada pengaruh yang cukup signifikan latihan memukul bola ke dinding terhadap kemampuan pukulan backhand dalam permainan tenis meja pada mahasiswa Angkatan 2020 di Program studi Pendidikan Jasmani Universitas PGRI Palembang hal ini disimpulkan berdasarkan analisis data penelitian secara statistik mengunakan uji-t pada tarap signifikansi 95 % dengan hasil thitung (3,214) > ttabel (1,684).

References

Arikunto,(2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Barnes,(1992). Langkah Menjadi Juara. Semarang: Dahara Prize.

Kusyanto dan Yusuf,(2000). Panduan Menguasai Pendidikan Jasmani. Bandung: Ganeca.

Kosasih,(1994). Pendidikan Jasmani Untuk SMP. Senayan: Gelora Aksara Pratama.

Nurhasan,(2001). Tes dan Pengukuran Dalam Pendidikan Jasmani. Jakarta Pusat: Direktorat Jenderal Olahraga.

Peter Simpson,(2008). Tehnik Bermain Pingpong. Bandung: Pioner Jaya.

Roji,(2007). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta: Erlangga.

Sunarno dan D.Sihombing,(2011). Metode Penelitian Keolahragaan. Surakarta: Yuma Pustaka.

Sudjana,(2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sutarmin,(2007). Terampil Berolahraga Tenis Meja. Surakarta: Era Intermedia.

Tomolius,(2012). Pengembangan instrument kemampuan ketepatan forehand drive dan backhand drive dalam permainan tenis meja : FIK UNY.

Yudoprasetio,(1981). Dasar Bermain Tenis. Jakarta: Bhratara Karya Aksara.

Published

2021-08-08