ANALISIS KETERAMPILAN SMASH BULUTANGKIS PADA SISWA PUTRA EKSTRAKURIKULER BULUTANGKIS DI SMP NEGERI 2 RAMBAN

Authors

  • Handek Syahdion Universitas PGRI Palembang
  • Hikmah Lestari Universitas PGRI Palembang
  • Husni Fahritsani Universitas PGRI Palembang

Abstract

Masalah, Belum diketahui secara pasti tingkat keterampilan smash bulutangkis pada siswa putra ekstrakurikuler bulutangkis di SMP Negeri 2 Rambang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat keterampilan teknik dasar permainan bulutangkis, melalui tes smash pada siswa putra ekstrakurikuler bulutangkis di SMP Negeri 2 Rambang. Desain penelitian ini adalah deskriptif dengan metode survei dengan teknik tes dan pengukuran. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa putra yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bulutangkis di SMP Negeri 2 Rambang. Penelitian ini merupakan penelitian populasi, sehingga subjek dari penelitian ini adalah seluruh siswa dalam populasi yang berjumlah 12 orang siswa. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes smahs. Skor yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik statistik yang dituangkan dalam bentuk persentase. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan berkaitan dengan keterampilan salah satu teknik dasar permainan bulutangkis, maka khususnya keterampilan pukulan smash tersebut berada dalam katagori cukup, dimana berdasarkan tes keterampilan pukulan smash, hasil yang ditunjukan siswa rata-rata 70 dengan standar deviasi 9,5. Hasil yang ditunjukan tersebut didukung oleh catatan lapangan berdasarkan survei yang telah peneliti lakukan diantaranya dengan pengukuran keterampilan pukulan smash dengan norma penilaian melalui tes keterampilan pukulan smash bulutangkis, nilai siswa menunjukan rata-rata keterampilannya berada dalam kategori cukup.

References

Bayu Jawi Utoro (2012) “Perbedaan Ketepatan Smash Pada Posisi Nilai Ganjil Dan Posisi Nilai Genap Siswa Peserta Ekstrakurikuler Bulutangkis di SMP Pangudi Luhur Bayat Klaten. Skripsi. Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi Jurusan Pendidikan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta.

Benovri, Ridho. 2018. Pengembangan Model Latihan Smash Bulutangkis Untuk Usia Remaja. Lampung: Universitas Nahdlatul Ulama Lampung. (9)1.

Riza, Irwansyah (2012) Pengaruh Latihan Plyometric Terhadap Tinggi Lompatan Smash Dan Ketepatan Smash Atlet Bulutangkis Usia 13-17 Tahun. S1 Thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

Suryabrata, Sumardi, 2003. Metode Penelitian. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Published

2021-08-07