PERSEPSI SISWA TERHADAP KINERJA GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI MADRASAH ALIYAH SABILUL HASANAH

Authors

  • Muhammad Arief Nur Rahman Universitas PGRI Palembang

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa terhadap kinerja guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di Madrasah Aliyah Sabilul Hasanah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik survei. Populasi penelitian berjumlah 340 orang sedangkan sampel berjumlah 20 orang dengan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Analisis data menggunakan analisis persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi siswa terhadap kinerja guru PJOK karena aspek pedagogi yang dimiliki guru adalah sebesar 78% atau kategori baik, persepsi siswa terhadap kinerja guru PJOK karena aspek kepribadian yang dimiliki guru adalah sebesar 69,9% atau kategori cukup baik, persepsi siswa terhadap kinerja guru PJOK karena aspek sosial yang dimiliki guru adalah sebesar 82,37% atau kategori baik, dan persepsi siswa terhadap kinerja guru PJOK karena aspek profesional yang dimiliki guru adalah sebesar 80,2% atau kategori baik. Sementara persepsi siswa terhadap kinerja guru PJOK Secara keseluruhan adalah sebesar 76,61% dengan kategori baik.

References

Alawi, A. H. (2018). Kinerja Guru dan Hubunganya dengan Kualitas Hasil Belajar Siswa. Jurnal of Islamic Education , Vol 2 No 1.

Andriani, R. (2018). Kinerja Guru Fisika: Bagaimana Persepsi Siswa Terhadap Kinerja Guru. Jurnal of Natural Sciense and Integration , Vol 1 No 1.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Fathorrahman. (2017). Kompetensi Pedagogik, Profesional, Kepribadian dan Kompetensi Sosial. Akademika , Vol 15 No 17.

Koswara, & Rasto. (2016). Kompentensi dan Kinerja Guru Berdasarkan Sertifikasi Profesi. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran , Vol 1 No 1.

Madjid, A. (2016). Pengembangan Kinerja Guru Melalui: Kompetensi, Komitmen dan Motivasi Kerja. Yogyakarta: Samudra Biru.

Novauli, F. M. (2015). Kompetensi Guru dalam Peningkatan Prestasi Belajar. Jurnal Administrasi Pendidikan , Vol 3 No 1.

Nugroho, F. A. (2014). Persepsi Siswa Terhadap Kinerja Guru. Psikopedagogi , Vol 3 No 2.

Qomarullah. (2015). Model Pembelajaran Penjas Untuk Siswa Disabilitas. Universitas Pendidikan Indonesia .

Sarifudin, A. (2019). Peningkatan Kinerja Guru dalam Implementasi Penilaian Sistem Melalui Supervisi Akademik Pengawas Sekolah. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam , Vol 8 No 2.

Sartinah. (2008). Peran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan dalam Perkembangan Gerak dan Keterampilan Sosial Sswa Sekolah Dasar. Jurnal Pedidikan Jasmani Indonesia , Vol V. No 8.

Singarimbun. (2001). Metode Penelitian Survei. Jakarta: Parameswara.

Sugiyono. (2008). Metodelogi Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Prosedur Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suhadi, A. (2008). Belajar Mengajar Penjaskes Untuk Kebugaran Jasmani Anak. Universitas Negeri Yogyakarta , Vol 3. No. 1.

Susanto, H. (2012). Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Vokasi , Vol 2 No 2.

Published

2021-08-07