PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI MATERI LOMPAT JAUH PADA SISWA KELAS X SMA YPI TUNAS BANGSA PALEMBANG

Authors

  • Agus Baidowi Universitas PGRI Palembang

Abstract

adalah pembelajaran yang digunakan masih menggunakan metode lama atau konvensional sehingga membuat siswa cepat bosan dan kurang efektif digunakan sehingga membutuhka media yang lebih efektif digunakan apalagi pada ssat pandemik ini pembelajaran banyak yang diadakan dengan cara daring, sehingga membuat peneliti berfikir bahwa pengembangan media belajar sangat dibutukan di sekolah ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbentuk Aplikasi berbasis Smart Apps Creators pada mata pelajaran penjas materi lompat jauh untuk melatih kemampuan berpikir kritis peserta didik SMA YPI Tunas Bangsa Palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&d atau pengembangan menggunakan acuan Sugiyono, dengan 10 tahapannya. Penelitian ini diujicobakan di kelas X semester ganjil tahun ajaran 2021/2022 SMA YPI Tunas Bangsa Palembang. Hasil penelitian ini menunjukkan kualitas Media yang dihasilkan berdasarkan aspek dari hasil penelitian terhadap 15 siswa memenuhi kriteria sangat baik dengan skor rata-rata persentase 86,67% dengan kategori sangat baik.

References

Bangun, Sabaruddin Yunis. 2016. “Peran Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Kajian Pustaka & Pembahasan.†Jurnal Publikasi Pendidikan Jasmani| Volume VI No 3 Oktober 2016 |157 VI(1):156–67.

Rinaldi, Irwan. 2011. Pengembangan Compact Disk Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Materi Pencak Silat Bagi Siswa Smk.

S.Eko Putro, Widoyoko. 2019. Evaluasi Program Pembelajaran. 10 Ed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sadiman, Arief S., Harjito, Haryono, dan Rahardjo. 2014. Media Pendidikan. 17 ed. Jakarta: Pustekkom Dikbud dan PT RajaGrafindo Perseda.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. 14 ed. Bandung: Alfabeta.

Sukirno. 2012. Dasar-Dasar Atletik dan Latihan Fisik. Edisi pert. Palembang: Universitas Sriwijaya

Published

2021-08-07