EVALUASI PROGRAM PEMBINAAN PRESTASI FUTSAL DI KONI PROVINSI SUMATERA BARAT

Authors

  • Alfroki Martha Universitas PGRI Palembang

Abstract

ABSTRAK

Evaluasi Program Pembinaan Prestasi Futsal yang dilaksanakan pada penelitian ini difokuskan untuk atlet Futsal KONI Sumatera Barat. Penelitian bertujuan untuk mengevaluasi program pembinaan prestasi atlet Futsal KONI Sumatera Barat, dengan menggunakan pendekatan CIPP (context, input, processs, product,). Hasil evaluasi tersebut  digunakan untuk menetukan efektifitas program dan merancang program pembinaan yang tepat untuk meningkatkan prestasi atlet kedepannya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah mix method. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, dokumen, FGD (focus group discussion), inventory ceklist, dan wawancara. Responden pada penelitian ini terdiri dari Pengelola, pelatih dan atlet, pengurus KONI Sumatera Barat, PENGPROV PSSI Sumatera Barat. Hasil evaluasi menggunakan pendekatan context, input, process, dan product dilakukan analisis butir dan dituangkan secara naratif yang diperjelas dengan menyajikan tabel, grafik ataupun diagram. Efektifitas program dilakukan terhadap variabel context, input, process, dan product dengan menggunakan model Glickman berdasarkan nilai Z skor dan T skor. Rancangan program pembinaan prestasi atlet futsal KONI Sumatera Barat didiskusikan melalui FGD untuk menetukan alternatif kebijakan, dan menggunakan wawancara untuk menentukan prioritas kebijakan. Hasil penelitian ditinjau dari context sudah cukup efektif. ditinjau dari input kurang efektif terutama dalam ketersediaan dana, sarana dan prasarana dan kualitas pelatih serta atlet, ditinjau dari process kurang efektif, khususnya dalam pemanfaatan sarana dan prasarana, dan hubungan atlet, pelatih serta pengelola, ditinjau dari product cukup efektif pada prestasi tingkat regional dan nasional. Maka program yang perlu menjadi prioritas utama untuk meningkatkan prestasi atlit adalah peningkatan sarana dan prasarana penunjang, evaluasi penyaringan atlet dan pelatih, serta evaluasi pelaksanaan program pembinaan dalam peningkatan pelayanan kesehatan dan kebutuhan gizi atlet.

 

Kata kunci: Evaluasi Pembinaan Prestasi Futsal Model CIPP

References

DAFTAR PUSTAKA

Ahmad, Sabri. 2007. Strategi Belajar Mengajar Mikro Teaching. Ciputat : Quantum Teaching.

Akhmamad, Imran. Evaluasi Program Pusat pembinaan dan Altihan Olahraga di Prov NAD Tahun. Jurnal Kajuan Pendidikan inovasi. Jakarta. 2009

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek, Edisi Revisi Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi, Cepi, Safruddin AJ. 2008. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Depkes. RI. 1993. Pedoman Pengaturan Makan Atlet. Jakarta. Direktorat Bina Gizi Masyarakat.

Donald L . and James D. 2006. Kirkpatrick, Evaluating Training Programs The Four Levels. San Francisco: Berrett-Koehler Pubishers, Inc,

Harsuki. 2003. Perkembangan Olahraga Terkini Kajian Para Pakar.Jakarta. Koni Pusat.

Lababa, Djunaidi. Evaluasi Program : Sebuah Pengantar.

Lutan, R. Gizi Olahraga. 2000. Depdikbud Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Mengengah. Jakarta.

Mulyatiningsih, E. 2011. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan, Alfabeta, Bandung .

Stufflebeam L. Daniel. 1996. Systematic Evaluastion. Kluwer Academic Publisher Group Bosston/The Hague/Dodrecht/Lancaster.

Stufflebeam, The Model of Evaluation. Portland, oregon : Presented at the 2003 Annual Conference of the Oregon Program Evaluator Network.

Suharsimi, Arikunto. 2010. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek Jakarta: Rineka Cipta.

Wirawan. 2012. Evaluasi Teori, Model, Standar, Aplikasi dan Profesi. Jakarta : Rajawali Pers.

Downloads

Published

2019-03-02