EFEKTIVITAS PERMAINAN BENTENGAN TERHADAP KEBUGARAN JASMANI SISWA SDIT AULADI PALEMBANG

Authors

  • Arisman Arisman Dosen Universitas PGRI Palembang

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Permainan Bentengan Terhadap Kebugaran Jasmani Siswa SDIT Auladi palembang, dikarenakan tingkat kebugaran jasmani mereka masih dalam kategori rendah, sehingga perlu ditingkatkan agar menjadi lebih baik. Dengan tingkat kebugaran jasmani yang baik diharapkan para siswa tidak mudah merasa lelah dalam beraktifitas, sehingga bisa mengikuti proses pembelajaran dengan baik. Penelitian ini merupakan jenis eksperimen semu, dengan desain One Group Pretest-posttest design. Subyek dalam penelitian ini siswa SDIT Auladi Palembang sebanyak 30 Orang. Teknik pengambilan data menggunakan tes awal, pemberian Perlakuan, dan tes akhir, instrumen yang digunakan tes TKJI. Teknik analisis data menggunakan analisis uji-t, melalui uji prasyarat uji normalitas. Hasil penelitian diperoleh thitung = 2,415 dan nilai ttabel = 1,699 Oleh karena nilai thitung> ttabel maka dapat disimpulkan bahwa permainan bentengan memberikan efek yang bagus terhadap kebugaran Siswa SDIT Auladi palembang.

 

Kata Kunci: Permainan Bentengan, Kebugaran Jasmani

References

Depdiknas. 2014. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.

Djunaedi, Slamet. 2007. Permainan Tradisional Bentengan Sebagai Metode Permainan Untuk Pengembangan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini. UNP Kediri. Kediri.

Giriwijoyo, Santoso. 2005. Manusia dan Olahrga. ITB. Bandung.

Ishaq, Muhammad. (2015). Latihan Olahraga Dalam Permainan Tradisional, Volume 14 Nomor 2, Juli - Desember 2015. h. 41- 48

Kurniati, Eius. 2016. Permainan Tradisional Dan Perannya Dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak. KENCANA. Jakarta.

Lestari, Hikmah. 2016. Permainan Kecil. Pendidikan Olahraga Universitas PGRI Palembang. Palembang.

Simanjuntak, Victor. 2008. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Ukasyah. 2007. Identifkasi Faktor-faktor Permainan Tradisional Bebentengan Sebagai Basis Perancangan Game Pemicu Peningkatan Sistem Motorik Anak. ITB. Bandung.

Yusuf, A Muri. 2005. Metodologi Penelitian. Padang: UNP Press.

Downloads

Published

2019-03-02