PENYELENGGARAAN PERTANDINGAN PENCAK SILAT DALAM ERA 4.0

Authors

  • Bayu Iswana Universitas PGRI Palembang

Abstract

ABSTRAK

Event olahraga merupakan sebuah keharusan dalam pembinaan prestasi olahraga di indonesia. Keberhasilam sebuh negara dalam membina cabang olahraga tidak lepas dari kualitas penyelenggaraan event yang baik. Menagement, controling dan evaluasi yang di kawal secara baik, mencerminkan kualitas penyelenggaraan. Cabang olahraga pencak silat merupakan olahraga body contact sehingga sistem kompetisinya tidak bisa dilakukan dalam kurun waktu yang terlalu cepat antara pertandingan satu dengan bertandingan berikutnya. Namun bukan berarti tidak dilakukan, tetapi perlu adnya sebuah regulasi yang jelas agar penyelenggaraan event pertandingan dapat direncanakan secara matang. Selama ini pertandingan dilakukan secara mendadak tanpa agenda yang jelas sehingga pelatih kerap kali memaksakan atletnya bertanding dengan kesiapan yang minim. Event olahraga sebaiknya dilakukan dan di rencanakan secara terpusat oleh Kementrian Pemuda dan Olahraga melalui KONI, Pengurus besar ikatan pencak silat indonesia (PB IPSI). Sehingga kompetisi singgel event cabang olahraga pencak silat dapat berjalan secara sistematis dan tidak tumpang tindih. Penyelenggaraan even olahraga yang dimaksud berbasis websaite sehingga memudahkan pelatih dan atlet dalam mengakses informasi dan yang lain. Selain itu teknis pelaksanaan peyelenggaraan even olahraga mengacu pada SOP yang sudah ditentukan oleh PB IPSI serta menerapkan jadwal pertandingan,sertifikasi pelatih, dan perengkingan atlet.

 

Kata Kunci: Penyelenggaraan, Pertandingan,  Pencak Silat, 4.0

References

Anggiani Septima Riyadi. (2012). Perencanaan sistem Informasi Berbasis Websaite Subsistem Guru Disekolah Pesanteren Persatuan Islam 99Rancabango.http://jurnal.sttgarut.ac.id/index.php/algoritma/article/view/49. di unduh tanggal 23 februari 2019

Johansyah & Hendro.(2013). Pencak silat: edisi ketiga. Jakarta. PT. RajaGrafindo Persada.

Undang-undang Republik Indonesia nomor;3 Tahun 2005 Tentang SistemKeolahragan Nasional. Jakarta; Kementrian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Munas IPSI XIII. (2012). Peraturan Pertandingan Pencak Silat . Jakarta. PB IPSI

Mulyana. (2013). Pendidikan Pencak Silat Membangun Jati Diri Dan Karakter Bangsa: Bandung. Rosdakarya

Hoedi Prasetyo & Wahyudi Sutopo (2018). Industri 4.0 telaah klasifikasi aspek dan arah perkembanganRiset. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/jgti/article/viewFile/1836 9/12865. di unduh tanggal 27 februari 2019.

Toho Cholik Mutohir. 2018. Peranan Penjasorkes Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. disampaikan dalam seminar nasional. Padang: FIK UNP.

Downloads

Published

2019-02-02