PENINGKATAN PEMBELAJARAN GERAK DASAR LARI JARAK PENDEK MELALUI BERMAIN DENGAN ALAT BANTU BILAH BAMBU PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 20 KECAMATAN PRABUMULIH TIMUR

Penulis

  • Hidayah Hidayah Guru SDN 20 Prabumulih Timur

Abstrak

Masalah Penelitian ini adalah rendahnya tingkat pembelajaran gerak dasar
lari jarak pendek siswa. Tujuan Dalam Penelitian Ini Adalah untuk mengetahui
tingkat pembelajaran gerak dasar lari jarak pendek melalui bermain dengan alat
bantu bilah bambu pada siswa SDN 20 Prabumulih Timur. Pengumpulan data
yaitu dengan variasi angket, wawancara, pengamatan atau observasi, tes, dan
dokumentasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
deskriptif kuantitatif. Subjek pada penelitian ini adalah 11 (sebelas) orang siswa
putra dan 15 (lima belas) orang siswa putri, jumlah seluruhnya 26 (dua puluh
enam) orang siswa. Analisis Data Menggunakan Teknik Analisis Statistik
Deskriptif Dengan Presentase. Dari hasil analisis penelitian dapat disimpulkan
bahwa melalui pendekatan bermain dengan alat bantu bilah bambu dapat
meningkatkan pembelajaran gerak dasar lari jarak pendek pada siswa kelas IV
SD Negeri 20 Kecamatan Prabumulih Timur, Kota Prabumulih Tahun Pelajaran
2019/2020.

Referensi

Bahagia, Yoyo. 2011. Atletik. Universitas Terbuka: Jakarta.

Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Mata Pelajaran

Pendidikan Jasmani. Jakarta.

Sidik. Didik, Zafar. 2010. Gemar Atletik. Bandung: Alfabeta.

Hamalik. Oemar. 2001. Pendekatan Pembelajaran. Rodakarya. Jakarta.

Legowo. 2007. Atletik. Multicipta Pers.

Diterbitkan

2020-06-28