UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI JARAK PENDEK 50 METER MELALUI PERMAINAN ESTAFET PADA SISWA KELAS V MI NEGERI 01 OGAN ILIR TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Penulis

  • Hermanto Hermanto Guru SDN 01 Ogan Ilir

Abstrak

lari jarak pendek melalui permainan estapet pada siswa MI Negeri 1 Ogan Ilir.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan hasil
belajar lari jarak pendek melalui permainan estapet pada siswa MI Negeri 1 Ogan Ilir.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian
Tindakan Kelas. Subjek penelitian berjumlah 21 orang. Teknik pengumpulan data
dilaksanakan dengan Observasi, Dokumentasi dan Tes Unjuk Kerja (Instrumen
Penelitian). Instrument penelitian adalah isntrument kemampuan lari jarak pendek 50
meter. Penelitian ini memberikan kesimpulan hasil observasi belajar lari jarak pendek
melalui pendekatan permainan estapet pada siswa kelas V MI Negeri 1 Ogan Ilir
dapat mengalami peningkatan sebesar 25% melalui data observasi. Tuntas tes unjuk
kerja terdapat peningkatan sebesar 47,62%.

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2006. Proedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Bahagia, Yoyo. 2011. Atletik. Universitas Terbuka: Jakarta.

Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Mata Pelajaran Pendidikan

Jasmani. Jakarta.

Sidik. Didik, Zafar. 2010. Gemar Atletik. Bandung: Alfabeta.

Gilang, Moh. 2007. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Jakarta: Ganeca.

Hamalik. Oemar. 2001. Pendekatan Pembelajaran. Rodakarya. Jakarta.

Legowo. 2007. Atletik. Multicipta Pers. Bandung.

Diterbitkan

2020-06-28