UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI JARAK PENDEK 60 METER MELALUI PERMAINAN HITAM-HIJAU PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 17 MAKARTI JAYA KABUPATEN BANYUASIN

Authors

  • Susiyamni Susiyamni Guru SDN 8 Makarti Jaya

Abstract

Karakteristik siswa SD, usia 6-13 tahun siswa cenderung masih suka
bermain, untuk itu guru harus mampu mengembangkan pembelajaran yang
efektif, salah satunya adalah dalam bentuk permainan hitam dan hijau. Jenis
penelitian adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode penelitian
tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD
Negeri 17 Makarti Jaya sebanyak 30 siswa. Teknik dalam pengumpulan data
penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan tes unjuk kerja. Hasil penelitian
menunjukan bahwa; 1) Pada siklus I, diketahui hasil tes belajar sebanyak 13
(43,3%) siswa yang dinyatakan tuntas dan 17 (56,7%) siswa yang dinyatakan
belum tuntas dalam pembelajaran. Pada siklus II, diketahui hasil tes belajar
sebanyak 26 (86,7%) siswa yang dinyatakan tuntas dan 4 (13,3%) siswa yang
dinyatakan belum tuntas dalam pembelajaran. 2) Hasil data yang diperoleh
persiklusnya mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 43,3% dan siklus II
meningkat sebesar 86,6%. Hasil ini sudah dikatakan tuntas karena secara klasikal
siswa yang mendapat nilai 7 keatas mencapai 85 %. 3) Nilai rata-rata siklus I
sebesar 6,4 dan pada siklus II naik menjadi 7,1 maka, permainan hitam dan hijau
dalam pembelajaran lari jarak pendek 60 meter dapat meningkatkan hasil belajar
lari siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 17 Makarti Jaya Kabupaten Banyuasin
sehingga siswa dapat termotivasi untuk mengikuti pembelajaran.

References

Aip Syarifuddin, 2009. Atletik, (Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga

Kependidikan.Jakarta.

Akhmad, Muhtar., Tutune. Hadijah., dan Mile, Sarjan. 2014. Meningkatkan gerak

dasar lari jarak pendek melalui metode bermain. Universitas Negeri

Gorontalo. ISSN. 678553491.

Amin, Mahbub., 2012. Permainan hitam-hijau.

Anisa, Dakwatul. 2015. †Pengaruh Pembelajaran Gerak Dasar Lari Terhadap

Hasil Belajar Lari jarak pendekâ€. Jurnal Pendidikan Olahraga dan

Kesehatan. Volume 03 Nomor 01 Tahun 2015, 101 - 105.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Proedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Bahagia, Yoyo. 2011. Atletik. Jakarta: Universitas Terbuka.

Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Mata Pelajaran

Pendidikan Jasmani. Jakarta.

Didik Sidik, Zafar. 2010. Gemar Atletik. Bandung: Alfabeta

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Guthrie, Mark. 2003. Atletik. Universitas Wisconsin. La Crosse: Alfabeta.

Hairoman, 2013. Upaya meningkatkan hasil belajar gerak dasar lari jarak

pendek melalui media pendekatan bermain. Untan. 1682-777-7 I.

Hamalik. Oemar. 2001. Pendekatan Pembelajaran. Jakarta. Rodakarya.

Hidayat. Syarif. Luawo. Wiwin T., Lamusu. Ahmad., 2014. Meningkatkan

keterampilan teknik dasar lari jarak pendek melalui metode drill.

Universitas Negeri Gorontalo. ISSN. 1432-345-7 B.

Downloads

Published

2020-06-28