MOTIVASI PENGUNGKAPAN SENI UNTUK MENGURANGI KETERGANTUNGAN SMARTPHONE PADA ANAK DI DESA PEGAYUT KABUPATEN OGAN ILIR

Treny Hera

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk motivasi pengungkapan seni untuk mengurangi ketergantungan smartphone pada anak di Desa Pegayut Kecamatan Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir. Responden dalam penelitian adalah anak sekolah dasar kelas IV sampai kelas VI yang tinggal di Desa Pegayut Kecamatan Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir dan masalah yang terjadi anak-anak tersebut adalah ketergantungan smartphone. Metode penelitian ini adalah studi kualitatif naratif dengan data penelitian diperoleh melalui metode wawancara semi terstruktur. Validitas penelitian ini dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi pengungkapan seni melalui pembelajaran seni tradisional yaitu tari Tanggai mampu mengurangi ketergantungan smartphone pada anak di Desa Pegayut Kabupaten Ogan Ilir.

 

Kata Kunci: Ketergantungan, Smartphone, Motivasi, Pembelajaran Seni.


Full Text:

PDF

References


Hera, T. (2018, July). ASPEK-ASPEK PENCIPTAAN TARI DALAM PENDIDIKAN. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG (Vol. 5, No. 05).

Hera, T. (2018). RANGSANG AUDIO SEBAGAI MOTIVASI PADA PENCIPTAAN KARYA TARI TUNGGU TUBANG DALAM PEMBELAJARAN KOREOGRAFI DI UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG. JURNAL SITAKARA, 3(1), 58-68.

Hera, T., & Nurdin, N. (2019). KONTRIBUSI MOTIVASI MAHASISWA DALAM PROSES KREATIF PENCIPTAAN TARI PADA MATA KULIAH KOREOGRAFI. JURNAL SITAKARA, 4(1).

Mulyani, Novi. 2016. PENDIDIKAN SENI TARI ANAK USIA DINI. YogyakartaL Gava Media.

Munandar, Utami. 2012. PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK BERBAKAT. Jakarta:Rineka Cipta.

Sadirman. 2010. INTERAKSI & MOTIVASI BELAJAR MENGAJAR. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Wardiah, D. (2018). ASPEK KREATIVITAS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.