PENGARUH GAYA MENGAJAR MENGGUNAKAN METODE INCLUSIVE STYLE TERHADAP KEMAMPUAN PASSING DALAM PEMBELAJARAN BOLA VOLI SISWA KELAS XI SMK PGRI 2 PALEMBANG

Kris Damayanti, Farizal Imansyah

Abstract


ABSTRAK

 

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh gaya mengajar menggunakan metode inclusive style terhadap kemampuan passing dalam metode inclusif style bola voli pada siswa kelas XI SMK PGRI 2 Palembang?. Penelitian ini bertujuan untuk adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh gaya mengajar menggunakan metode inclusive style terhadap kemampuan passing dalam metode inclusif style bola voli pada siswa kelas XI SMK PGRI 2 Palembang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa putri kelas XI SMK PGRI 2 Palembang berjumlah 100 orang siswa putra. Teknik yang digunakan adalah purposive sampling. Dalam penelitian ini jumlah sampel yang dinginkan adalah 32 orang kelas XI.4 dengan pertimbangan mempermudah proses kontrol terhadap penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan responden melakukan passing. Analisis data penelitian diuji menggunakan t-test dengan taraf signifikan α = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat dikemukakan bahwa terdapat terdapat pengaruh gaya mengajar menggunakan metode inclusive style terhadap kemampuan passing dalam metode inclusif style bola voli pada siswa kelas XI SMK PGRI 2 Palembang dengan perolehan ttabel = 1,70 sehingga thitung > ttabel (2,341 > 1,70) pada taraf signifikan α = 0.05.

 

Kata Kunci          :               Pengaruh Gaya Mengajar Inclusive Style dan Passing atas dalam Permainan Bola Voli

Full Text:

PDF

References


Aji. Sukma. 2015. Buku Olahraga Paling Lengkap. Ilmu; Bumi Pamulang.

Anggraini, dkk. 2014. Pengembangan Teknik Dasar Bola Voli. Malang: Universitas Negeri Malang.

Arikunto. Suharsimi. 2006. Metodelogi Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Imansyah, Farizal. 2019. Pengaruh Metode Inklusi Menggunakan Media Pembelajaran dan Tingkat Motor Educability Terhadap Hasil Keterampilan Belajar Renang Gaya Dada Pada Mahasiswa. Palembang: Jurnal Seminar Nasional Olahraga Universitas PGRI Palembang.

Kharisma. 2014. Hubungan Daya Ledak Otot Lengan dengan Kemampuan Smash. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Kurniawan. Feri. 2010. Buku Pintar Olahraga. Bandung: Alfabeta.

Nanda. Yulingga. H. 2015. Penerapan Gaya Mengajar Terhadap Hasil Belajar Basket. Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Sujarwo. 2009. Metode inclusif style Bola Voli. Jakarta: Universitas Terbuka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.