PENERAPAN ENSIKLOPEDIA AMTARA (ALAT MUSIK TRADISIONAL NUSANTARA) BERBASIS AUGMENTED REALITY SEBAGAI UPAYA MELESTARIKAN WARISAN BUDAYA NUSANTARA

Rian Setiawan, Muhamad Ragil Ramadhan, Muhammad Rizki

Abstract


ABSTRAK

 

Saat ini keberadaan alat musik tradisional sudah tidak seperti zaman kejayaannya dulu dilihat dari jumlah masyarakat yang menggunakannya. Banyak anak muda yang kurang tertarik pada alat musik tradisional. Dengan keadaan ini, bukan berarti alat musik tradisional tidak menarik untuk dimainkan pada zaman sekarang, hanya saja jarang sekali anak muda yang mau memainkan alat musik tradisional tersebut. Hal ini ditambah lagi dengan masuknya Era Globalisasi yang begitu pesat yang harus diantisipasi dengan memperkuat kebudayaan Nasional. Jangan sampai kebudayaan sendiri hilang dengan banyaknya kebudayaan asing yang masuk. Oleh karena itu, kita sebagai kaum muda harus tetap mempertahankan kebudayaan Nusantara.

Butuh sebuah cara yang menarik untuk mengangkat kembali eksistensi alat musik tradisional sebagai warisan budaya Nusantara ini. Salah satu cara adalah dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality. Augmented Reality merupakan sebuah teknologi terkini yang menggabungan penampakan benda nyata dan maya berjalan  secara interaktif serta memberikan efek 3D yang menarik.

Berdasarkan hal ini kami menggembangkan buku Ensiklopedia Alat Musik Tradisional Nusantara, yang kami singkat dengan AMTARA berbasis Augmented Reality. Melalui fitur Augmented Reality ini, pembaca buku dapat melihat lebih nyata semua alat musik dan mendengarkan bunyi alat musik yang ada di buku Ensiklopedia. Kami mengembangkan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) .

Pembuatan aplikasi Augmented Reality mengguakan software Unity dan Vuforia SDK serta menggunakan Android Studio agar aplikasi dapat dijalankan pada platfrom Android. Membuat efek 3D dengan software blender serta corel draw untuk membuat desain marker da nisi buku Ensiklopedia. Pembuatan aplikasi ini yaitu efek 3D dan suara dari alat musik daerah yang ada di buku Ensiklopedia.

 

Kata Kunci: Media, Alat Musik Tradisional, Augmented Reality (AR)


Full Text:

PDF

References


Azuma, Ronald T. 2014. A Survey Of Augmented Reality. Presence Teleoperators And Virtual Environments Hugs Reseacrch Laboratories. Chapel Hill: University Of North Carolina.

Berger L, Peter, and Semuel P. Huntington. 2000. Many Globalization Cultural Diversity in the Contemporery World. Oxford: Oxford University Press.

Billinghurst, Mark with Haller, Michael and Thomas, Bruce. 2007. Emerging Technologies of Augmented Reality: Interfaces And Design. United States Of America: Idea Group Publishing. Idea Group Inc.

Chari, dkk. 2008 Augmented Reality Using Over Segmentation: Canter For Visual Information Technology. International Intitute Of Information Technology.

Fakhrudin, Ali, Sri Yamtinah, dan Riyadi. 2019. Implementation Of Augmented Reality Technology In Natural Sciences Learning Of Elementary School To Optimize The Students’ Learning Result. International Journal of Indonesian Education and Teaching. 3(1): 1-5.

Hermawan S, Stephanus. 2011. Mudah Membuat Aplikasi Android. Yogyakarta: Andi Offset.

Roger, S, Pressman 2012, Rekayasa Perangkat Lunak (Pendekatan Praktisi) Edisi 7: Buku 1. Andi, Jakarta.

Setiawan, Benjamin. 1990. Ensiklopedi Nasional Indonesia, Jilid 11, Jakarta: PT. Cipta Adi Pustaka.

Salim, Peter dan Salim, Yenny. 1991. Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer. Jakarta: Modern English Press.

Sedyawati, Edy, 1992. Pertumbuhan Seni Pertunjukan. Jakarta: Sinar Harapan.

Setia Wardani. 2015. Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality (AR) untuk Pengenalan Aksara Jawa pada Anak. Jurnal Teknologi. 8(2): 104-111.

Tumbijo, H. B. Dt. 1977. Minangkabau dalam Seputar Seni Tradisional. Padang: (Diktat) SMSR N.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.