PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENULIS NARASI BERBASIS GAMBAR SERI DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Mega Prasrihamni

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran  menulis narasi berbasis gambar seri yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (research and development). Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (disse-minate). Data penelitian dari uji validitas diperoleh melalui lembar validasi perangkat pembelajaran. Data kepraktisan dikumpul melalui lembar pengamatan keterlaksanaan RPP, angket respon guru dan peserta didik. Keefektifan dilihat dari penilaian proses dan penilaian hasil keterampilan menulis narasi peserta didik.Berdasarkan uji validitas diperoleh data bahwa persentase rata-rata silabus dari validator ahli adalah  3.40 dengan kategori valid, dan dari validator praktisi pendidikan adalah 3.77 dengan kategori sangat valid, rata-rata RPP dari validator ahli adalah 3.40dengan kategori valid, dan dari validator praktisi pendidikan adalah  3.61dengan kategori sangat valid, rata-rata bahan ajar dari validator ahli adalah 3.38dengan kategori valid, dan dari validator praktisi pendidikan adalah 3.68dengan kategori sangat valid. Hasil uji praktikalitas dari keterlaksanaan RPP rata-ratanya adalah  3.56, angket respon guru adalah  3.63, dan angket respon peserta didik adalah 3.50. Hasil penilaian keterampilan menulis narasi berada pada kategori sangat tinggi.

 

Kata Kunci: Media gambar seri, perangkat pembelajaran, menulis, narasi


Full Text:

PDF

References


Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Ismail Kusmayadi, Nandang R Pamungkas dan Ahmad Supena. 2009. Belajar Bahasa Indonesia Itu Menyenangkan IV.BSE.

Iskandar Sukini. 2009. Bahasa Indonesia untuk kelas 4 SD/MI. IV. BSE.

Hanif Nurcholis, Mafrukhi. 2007. Saya Senang Berbahasa Indonesia IV:Erlangga.

International Journal of English Linguistics Vol. 1, No. 2; September 2011. A Study on Strategy Instruction and EFL Learners’ Writing Skill. University of Sistan & Baluchestan, Zahedan, Iran.

Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 2 No.4 ISSN 2354-614X:Pengembangan Materi Pembelajaran Mengarang Narasi dengan Media Gambar Berseri pada Siswa Kelas V SD di Klaten.

Karsidi. 2008. Inilah Bahasa Indonesiaku. Surakarta: PT Tiga Serangkai.

Putra, Nusa. 2012. Research and Development, Penelitian dan Pengembangan:

Suatu Pengantar. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Setyosari, Punaji. 2010. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan.

Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Semiawan, Conny R. 2008. Catatan Kecil tentang Penelitian dan Pengembangan

Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sanaki, Hujair. 2009. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insania Press.

Widjajanti, E. 2008. “Pelatihan Penyusunan LKS Mata Pelajaran Kimia Berdasarkan KTSP bagi Guru SMK/MAK.” Makalah Disajikan dalam Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat, Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.