ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL KONEKSI MATEMATIS ANTAR TOPIK MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Lis Amalia Universitas Sjakhyakirti, Palembang

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal koneksi matematis antar topik matematika di Sekolah Dasar, selain itu juga mencari penyebab permasalahan tersebut. Data penelitian didapat dari hasil tes tertulis dan wawancara terhadap siswa dikelas V Sekolah Dasar. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa penyebab utama kesalahan yang dilakukan siswa adalah kesalahan memahami soal, kesalahan membuat permodelan matematika, kurang mempunyai kemampuan yang baik dalam penyajian materi, kesalahan mengartikan soal, dan tidak mengerti maksud dari pertanyaan.

 

Kata Kunci : Analisis, koneksi matematis.

References

Amalia, Lis. 2017. Pengembangan Soal Untuk Mengukur Kemampuan Koneksi Antar

Topik Matematika Siswa Sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA

Vol.3, No.2, Desember 2017. 195-206.

Dimyati & Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

NCTM. 2000. Principles and standards for school mathematics. USA: NCTM.

Pradika, L.E dan Murwaningtyas. 2012. Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII I SMPN I Karanganyar Dalam Mengerjakan Soal Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Serta Upaya Remediasinya Dengan Media Bantu Program Cabri 3D. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Fakultas

MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 10 November 2012.

Prihandika, A. 2017. Perbedaan kemampuan koneksi matematis melalui model pembelajaran react dengan model pembelajaran learning cycle 5e siswa SMKN 39 Jakarta. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(1), 1-9.

Qodratilah, Meity Taqdir. 2011. Kamus Bahasa Indonesia untuk Pelajar. Jakarta Timur: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementrian Pendidikan dan

Kebudayaan.

Rohendi, Dedi and Dulpaja, Jojon 2013. Connected Mathematics Project (CMP) Model Based on Presentation Media to the Mathematical Connection Ability of Junir High

School Student. Journal of Education and Practice. Vol. 4, No. 4, 2013.

Rosita, C. D., Laelasari, & Noto, M. S. 2014. Analisis kemampuan pemahaman matematis

mahasiswa pada mata kuliah aljabar linear 1. Euclid, 1(2), 60-69.

Downloads

Published

2019-12-07