MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF DAN POTENSINYA DALAM MEMBERDAYAKAN KOMPETENSI ABAD KE-21

Henni Riyanti

Abstract


Abstrak

Pendidikan pada abad ke-21 diprogram dengan tujuan memberdayakan kompetensi-kompetensi penting guna menghasilkan generasi emas. Penggunaan model pembelajaran yang tepat dapat menunjang tercapainya tujuan pendidikan. Belum banyak penelitian dan tulisan yang mengungkapkan manfaat model pembelajaran generatif sebagai salah satu model pembelajaran yang dapat mendukung tercapainya tujuan pendidikan tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kompetensi abad 21 yang berpotensi untuk dapat dikembangkan melalui penerapan model pembelajaran generatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik studi literature, yang kemudian dijabarkan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Studi ini menemukan bahwa penggunaan model pembelajaran generatif dalam proses pembelajaran dapat memberdayakan kemampuan berpikir logis, kemampuan bekerja sama, kemampuan penalaran matematis, pemahaman konsep, keterampilan berpikir kreatif, keterampilan proses sains,  dan hasil belajar siswa.

 

Kata Kunci : Model Pembelajaran Gener

Full Text:

PDF

References


Alba, F. M., Chotim, M., dan Junaedi, I. (2013). Keefektifan Model Pembelajaran Generatif dan MMP terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Kreano, 4(2), 131-137.

Anderman, Eric M. (2010). Reflections on Wittrock’s Generative Model of Learning: A Motivation Perspective. Educational Psychologist, 45(1): 56-60.

Fiorella, L., Mayer, R., and Barbara, S. (2015). Learning as a Generative Activity : Eight Learning Strategies that Promote Understanding. Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/CBO9781107707085

Lee, H. W., Lim, K. Y., and Grabowski, B. L. (2007). Generative Learning : Principles and Implications for Making Meaning, 111–124.

Moma, L. (2014). Peningkatan Self-Efficacy Matematis Peserta didik SMP melalui Pembelajaran Generatif. Cakrawala Pendidikan, 33(3), 434-444.

Pilegard, C., and Fiorella, L. (2016). Helping students help themselves : Generative learning strategies improve middle school students’ self-regulation in a cognitive tutor. Computers in Human Behavior, 65, 121–126. https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.08.020.

Riyanti, Henni. (2019). Enhancing Students’ Logical-Thinking Ability in Natural Science Learning with Generative Learning Model. Biosaintifika: Journal of Biology & Biology Education 10 (3), 648-654.

Riyanti, Henni. (2019). Towards Standardization of Students’ Teamwork Attitude in the 21st Century through the Application of Generative Model in Science Learning. Journal of Physics: Conference Series, 1233 (1).

Wisnu, I. K., Wijaya, B., Suastra, I. W., dan Muderawan, I. W. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Keterampilan Proses Sains. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 1–11.

Wulansari, Febrinita Nur, Wahyu Adi, dan Binti Muchsini. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Generatif dalam Upaya Peningkatan Pemahaman dan Hasil Belajar Akuntansi pada Peserta didik Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Surakarta Tahun 2013/2014. Jupe UNS, 2 (3): 184-198.

Zulkarnain, I., & Rahmawati, A. (2014). Model Pembelajaran Generatif untuk Mengembangkan Kemampuan Penalaran Matematis Peserta didik. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 8-1


Refbacks

  • There are currently no refbacks.