PENGGUNAAN SOFTWARE WINDOWS LIVE MOVIE MAKER DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Abstract
ABSTRAK
Â
Perkembangan teknologi informasi yang tak terbatas di revolusi industri 4.0 ini mengakibatnya munculnya efektivitas dan efesiensitas dalam berbagai bidang, tak terkecuali bidang pendidikan. Salah satu pemanfaatan teknologi dalam bidang pendidikan adalah pengunaan Software Windows Live Movie Maker dalam pembelajaran. Windows Live Movie Maker merupakan software atau aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran berbasis audio visual, misalnya video pembelajaran. Dalam pembelajaran matematika, video pembelajaran dapat mendukung kreativitas mahasiswa dalam proses pembuatannya. Selain itu, video pembelajaran memberikan pengalaman kepada mahasiswa untuk menjelaskan suatu konsep matematika yang akan disajikan kepada penontonnya dalam bentuk video. Dengan memanfaatkan software Windows Live Movie Maker membuat mahasiswa lebih melek teknologi dan menjadi pembuat media pembelajaran di bidang pendidikan.
Â
Kata Kunci : windows live movie maker, pembelajaran matematika
Â
ABSTRACT
Â
The unlimited development of information technology in the 4.0 industrial revolution resulted in the emergence of effectiveness and efficiency in various fields, including education. One use of technology in education was the use of Windows Live Movie Maker Software in learning. Windows Live Movie Maker is a software or application can be used to create audio visual based learning media, such as learning videos. In mathematics education, learning videos can support student creativity in the production process. In addition, learning videos provided experiences for students to explain a mathematical concept that will be presented to the audience in the form of video. By utilizing the Windows Live Movie Maker software, students were more high tech and became makers of learning media in the field of education..
Â
Keywords : windows live movie maker, mathematics in learningReferences
Djamarah, S B, and A Zain. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
Haryoko, S. "Efektivitas Pemanfaatan Media Audio-Visual Sebagai Alternatif Optimalisasi Model Pembelajaran." Jurnal Edukasi, 5 (1), 2009: 1-10.
Nuryanto, A. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Fakultas Teknik UNY, 2014.
Rachman, F F. Apa itu Revolusi Industri 4.0 ? Jakarta: Detik.com, 2016.
DPR RI. 2005. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: DPR RI.
Utari, R S. "Penerapan Project Based Learning Pada Mata Kuliah Media Pembelajaran di Program Studi Pendidikan Matematika." Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI PAlembang. Palembang: Universitas PGRI Palembang, 2018. 417-424.
Wikipedia. Literasi Media. Jakarta: id.m.wikipedia.org, 2015.
Wikipedia. Windows Movie Maker. England: Wikipedia avaliable at en.m.wikipedia.org, 2014.