ETNOSAINS MULTIMEDIA LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR

Tio Gusti Satria, Asep Sukenda Egok

Abstract


Pembelajaran sains yang mampu menjembatani perpaduan antara budaya siswa atau pengetahuan asli dengan budaya ilmiah di sekolah atau pengetahuan khas dari suatu komunitas atau etnosains. Siswa belajar secara formal untuk memahami lingkungannya dengan berbagai permasalahan yang ada di sekitarnya. cara mengajar guru yang sering menggunakan metode ceramah, text book centered dan jarang menggunakan media pembelajaran. Sedangkan, siswa membutuhkan penjelasan dari guru dalam bentuk nyata, akan tetapi karena guru tidak menggunakan media pembelajaran yang dapat menarik minat siswa dalam belajar. media pembelajaran mencakup manusia, materi atau kajian yang membangun suatu kondisi yang membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan, keterampilan atau sikap. Media pembelajaran diharapkan  untuk menyampaikan atau menyalurkan pesan dari suatu sumber secara terencana kepada siswa, sehingga terjadi lingkungan belajar yang kondusif dimana peserta didik dapat melakukan proses  belajar  secara efisien dan efektif. Multimedia Learning diharapkan mampu untuk menjadi media alternative dalam pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Ahimsa-Putra, Heddy Shri. 1985. Etnosains dan Etnometodologi Sebuah Perbandingan dalam Masyarakat Indonesia Majalah Ilmu-Ilmu Sosial Indonesia, Jilid XII (2) hal: 103-132. Jakarta: Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Arsyad, A. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Pradesa, Ni Made Mas Yoni. Dkk. 2014. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Flash Mata Pelajaran PKn Kelas VI SD. E-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Teknologi Pendidikan. Vol: 2 No: 1 Tahun 2014.

Pujiastuti, Desy. Dkk. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran PKn Berbasis MultimediaInteraktif Untuk SMP Kelas VIII. Jurnal Tekno Pedagogi Universitas Jambi. Vol: 4 No. 1 Tahun 2014.

Rifa’i, Achmad dan Chatharina Tri Anni. 2010. Psikologi Pendidikan. Semarang: Unnes Press

Rosyidah, Anis Nur., Sudarmin, dan Kusnoro, S. 2013. Pengembangan Modul IPA Berbasis Etnosains Zat Aditif Dalam Bahan Makanan Untuk Kelas VIII SMP Negeri 1 Pegandon Kendal. USEJ. ISSN2252-6609. Vol. 2 (1): 133- 139.

Sudhata, I Gde Wawan & Tegeh, I Made. 2015. Desain Multimedia Pembelajaran.Yogyakarta: Media Akademi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.