UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) PADA ANAK KELOMPOK B2 (5-6 TAHUN) DI TK ACTIVE PALEMBANG

Authors

  • Yuni Sara Universitas PGRI Palembang

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah Adakah bagaimana upaya meningkatkan kemampuan pemahaman matematis melalui Pendekatan Matematika Realistik (PMR) pada anak kelompok B2 (5-6 Tahun) di TK Active Palembang. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis melalui Pendekatan Matematika Realistik (PMR) pada anak kelompok B2 (5-6 Tahun) di TK Active Palembang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) adalah penelitian tindakan yang dilakukan dengan tujuan memperbaiki mutu praktik pembelajaran dikelas. Populasi dalam penelitian ini seluruh Anak kelompok B2 di TKActive Palembang,pengambilansampeldalampenelitiandengancaraRandom Sampling yaitu Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan pemahaman matematis yang diterapkan pada anak mengalami peningkatan setelah diberikan tindakan melalui pendekatan matematika realistik (PMR) yang diterapkan pada anak. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari kondisi awal pemahaman matematis anak kelompok B2 berada pada kriteria belum berkembang dengan persentase 11,2 %, pada siklus 1 dengan presentase 44,5% meningkat menjadi berkembang sangat baik dengan dilakukan tindakan menggunakan pendekatan matematika realistik (PMR) anak melakukan kegiatan pemahaman matematis melalui pendekatan matematika realistik menjadi meningkat pada siklus II dengan presentase 88% yang kegiatannya dibuat menjadi lebih menarik juga menyenangkan dan media yang mendukung menjadi kriteria berkembang sangat baik. Kesimpulannya anak sudah mampu mengenal konsep angka, mengenal penjumlahan dan pengurangan, mengenal geometri serta konsep berat dan ringan.

References

Alan, Fauzan Usman dan Afriansyah,Ekasatya Aldila. 2017. Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa melaluiModel Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition dan Problem Based Learning(Studi Penelitian di SMP Negeri 1 CisurupanKelas VII).

Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 11, Nomor 1, Januari 2017.

Arikunto, Suharsimi, dkk, 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.p

Hadi, Sutarto. 2017. Pendidikan Matematika Realistik dan Implementasinya. Banjarmasin: Tulip Banjarmasin.

Hariyadi, Moh. 2014. Statistik Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustakaraya. Kostelnik Marjorie J, Anne K. Soderman dan Alice

Phipps Whiren, 2017. Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Perkembahangan Anak, Depok: Kencana.

Lestari Karunia Eka dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Lubis, Mara Samin. 2018. Pengembangan Alur Pembelajaran dengan Pendekatan Pendidikan MatematikaRealistik di Madrasah Ibtidaiyah.

Analytica Islamica: Vol. 7 No. 2 Juli - Desember 2018.

Luwis, Nipi, Putu Aditya Antara, dan Putu Rahayu Ujianti. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Realistik terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Kelompok A Taman Kanak-Kanak Gugus V Kecamatan Buleleng. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini.Volume 5. No. 1 - Tahun 2017.

Mawaddah, Siti dan Ratih Maryanti. 2016. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 4, Nomor 1, April 2016, hlm 76 – 85.

Murdani, Rahmah Johar, dan Turmudi. 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Realistik untuk Meningkatkan Penalaran Geometri Spasial Siswa di SMP Negeri Arun Lhokseumawe. Jurnal Peluang, Volume 1, Nomor 2, April 2013.

Downloads

Published

2019-12-16