PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL ANAK PADA KELOMPOK B TK SYAILENDRA PALEMBANG

Authors

  • Nia Andriani Universitas PGRI Palembang

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya keterampilan sosial pada anak kelompok di TK Syailendra Palembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh permainan tradisional terhadap keterampilan sosial anak pada kelompok B TK Syailendra Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Pre-eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah One-Group Pretest-Posttest. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan probability sampling. Hasil penelitian yang dilakukan di TK Syailendra Palembang mengenai pengaruh permainan tradisional terhadap keterampilan sosial anak pada kelompok B TK Syailendra Palembang, hasil yang didapatkan adalah bahwa pengaruh permainan tradisional terhadap keterampilan sosial anak pada kelompok B TK Syailendra Palembang. Berdasarkan kreteria pengujian hipotesis bahwa Ho diterima jika thitung >ttabel, diperoleh hasil thitung= 0,50 dan ttabel= 1,104. Dengan demikian berarti thitung>ttabel sehingga Ho diterima.

References

Kurniati, E. (2016). Permaianan Tradisional dan Perannya Dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak. Jakarta: Kencana.

Perdani, P. A. (2013). peninggkatan keterampilan sosial melalui metode bermain permainan tradisional pada anak TK B. Jurnal Pendidikan Usia Dini.

Prantoro, G. (2014). pengerruh penggunakan permainan tradisional bakiak dan engklek terhadap peninggkatan keterampilan sosial anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1-4.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Maulida, S. (2020). Pengaruh Permainan Tradisional Bakiak Terhadap Kemampuan Sosial Anak Usia Dini. Anak Usia Dini , 50.

Simanjuntak, J. (2015). Pengaruh Permainan Tradisional (Gowokan) Terhadap Perilaku Sosial Anak Usia 5-6 Tahun di TK Asisi Medan TA 2014/2015. Universitas Negeri Medan, 1.

Wintari, W. N. (2018). Pengaruh Permainan Tradisional Megoak-Goakan Terhadap Kemampuan Sosial Emosional Anak Kelompok B Di TK Widya Mekar Sari Padangsambian Klod. Universitas Dhyana Pura Badung, Bali, 99.

Downloads

Published

2019-12-12