PENGARUH KEGIATAN MENGGUNTING BERPOLA TERHADAP MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL DI KEC. SUNGAI PINANG TAHUN 2019

Authors

  • Ainun Jariyah Universitas PGRI Palembang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kegiatan menggunting berpola terhadap motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal di Kec. Sungai Pinang Tahun 2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen Quasi Eksperimental Jenis Nonequivalent Control Group Design ini terdapat kelompok eksperimen dan kelompok control yang tidak dipilih secara random, sampel yang dipilih adalah teknik Sampling Purposive, karena sampel yang akan diambil disesuaikan dengan kebutuhan penelitian. Jadi peneltian ini menggunakan kelompok yang sudah dipilih berdasarkan keadaan yang ada di sekolah. Dalam penelitian ini terdapat 33 orang anak sebagai sampel yang dimana 18 orang anak berperan sebagai kelas eksperimen dan 15 orang anak berperan sebagai kelas kontrol. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling. Hasil Penelitian menunjukan bahwa adanya pengaruh kegiatan menggunting berpola terhadap motorik halus anak usia 5-6 tahun di Kec. Sungai Pinang dengan perolehan data rata-rata Pretest yang pada awalnya anak pada kelas eksperimen sebesar 54,66 dengan kriteria “tidak sesuai†lalu meningkat pada saat Postest dengan nilai rata-rata Postest 74,16 “sesuai. Lalu thitung = 4,33 > ttabel 2,110 dengan taraf signifikan (ɑ) 0.05. Sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis, yakni jika thitung  > ttabel  maka Ha diterima dan Ho ditolak.

 

References

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Ayu, Gresna. 2016. Perkembangan Anak Usia Dini. Surakarta : Benua Kreasindo.

Hikmawati, Fenti. 2017. Metodologi Penelitian. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Junita, Evi. 2017. Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok B2 Melalui Kegiatan Menggunting. Jember : Universitas Jember.

Kesumawati Nila, dkk. 2017. Pengantar Statistika Penelitian. Depok : Rajawali Pers.

Kristanto. 2018. Metode Penelitian Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI). Yogyakarta : Deepublish.

Maghfuro, Furoh dan Putri Kiki Chayaning. 2017. Pengaruh finger Painting Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Prasekolah di TK Sartika. Labat Lamongan : Stikes Muhammadiyah Lamongan. Vol 10 No 1.

Nuraini, Hesti. 2013. Mengembangkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Menggunting Berpola. Medan : Paud Indra Kasih. Vol 2 No 1.

Naibaho, dkk. 2017. Pengaruh Kegiatan Montase Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun di TK Tunas Melati Kandis. Kabupaten Siak : Pendidikan Guru Anak Usia Dini.

Riduwan. 2015. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru- Karyawan dan Penilit Pemula. Bandung : Alfabet.

Riduwan. 2018. Dasar-dasar Statiska. Bandung : Alfabet.

Sahdiyah, Halimatus. 2013. Menigkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menggunting dan Menempel. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.

Sit, Marganti. 2017. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Depok : PT. Kharisma Putra Utama.

Sugianti, Ulfah Meuthia. 2013. Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Menggunting. Surabaya : Universitas Negeri Surabaya.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Suryawati, dkk. 2015. Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Menggunting Berpola. Pontianak Timur : Universitas Muhammadiyah Pontianak.

Susanto, Ahmad. 2015. Bimbingan dan Konseling di Taman Kanak-kanak. Jakarta : Kencana

Yus, Anita. 2015. Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-kanak . Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Downloads

Published

2019-12-19