UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MOZAIK PADA ANAK KELOMPOK A DI TK SION PALEMBANG

Authors

  • Debora Inge Rachel Margaretha Universitas PGRI Palembang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh media film animasi terhadap percaya diri anak kelompok B TK Bina Bangsa Palembang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, jenis penelitian yang digunakan menggunakan true experimental designs, dengan bentuk desain penelitian ini adalah Posttest Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini seluruh anak kelompok B di TK Bina Bangsa Palembang, pengambilan sampel dalam penelitian dengan cara Random, kemudian diperoleh  sampel yaitu anak  kelompok B4 TK Bina Bangsa Palembang (usia 5-6 tahun). dengan jumlah anak kelas eksperimen 25 dan kelas kontrol 22. Data diperoleh melalui observasi dengan menggunakan lembar chek-list yang disesuaikan dengan kisi-kisi instrumen yang telah dibuat serta dokumentasi berupa foto dan video. Teknik analisi data pada penelitian ini dengan menggunakan analisis uji-t dengan menguji prasyaratan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh media fil animasi terhadap percaya diri anak kelompok B (Usia 5-6 Tahun) di TK Bina Bangsa Palembang. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t taraf signifikan 0,05, maka diperoleh  = 3,104, jika dibandingkan dengan  ab 45= 2,104, maka  3,104  2,104, berarti ditolak Ho dan diterima Ha. Dengan demikian maka “ada Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Mozaik Pada Anak Kelompok A Di Tk Sion Palembangâ€.

References

Ahli Bahasa: Mila Rahmawati dan Ana Kusuwanti.

Arikunto, Suharsimi. 2017. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Kunandar. 2016.Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Raja Grasindo.

M. Ramli. 2005. Pendampingan Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Rektorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Nurhani. 2015. Upaya Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Mozaik. Medan: FKIP Universitas Negeri Medan.

Pamadhi Hajar dan Sukardi Evan. 2008. Seni Keterampilan Anak. (Jakarta: Universitas Terbuka.

Richard. 2017. Mengembangkan Kecerdasan Motorik Siswa. Yogyakarta: DIVA Press.

Ririn. 2014. Mengembangkan Motorik Halus Melalui Teknik Mozaik.. Yogyakarta : FKIP Universitas Negeri Yogyakarta.

Santrock, John, W. 2007. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Safrudin. 2017. Strategi Pembelajaran Aktif Anak Usia Dini. Yogyakarta: Kalimedia.

Soemardji. 1992. Pendidikan Keterampilan. Jakarta: Depdikbud Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.

Sofia, Hartati. 2005. Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Rektorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Downloads

Published

2019-12-18