UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK PADA ANAK KELOMPOK B TK NEGERI 1 PLUS BANYUASIN III

Authors

  • Elsa Melinda Putri

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berjudul “Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Melalui Permainan Tradisional Congklak Pada Anak Kelompok B Tk Negeri 1 Plus Banyuasin IIIâ€. Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya kemampuan kognitif anak.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atautidaknyapeningkatan kemampuan kognitif melalui permainan tradisional congklak pada anak kelompok B di TK Negeri 1 Plus Banyuasin III.Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian PTK yang dilaksanakan II siklus, dalam siklus I dilaksanakan 3 kali pertemuan maka dalam II siklus dilaksanakan 6 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ada 18 anak kelompok B terdiri dari 11 anak perempuan dan 7 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi dan dokumentasi. Indikator keberhasilan tindakan minimal 80%. Sebelum melakukan tindakan siklus I dan II peneliti melakukan pra tindakan sebelum kegiatan tindakan dilaksanakan dimana ketuntasan tingkat pencampaian belum mencapai 80% ke atas, maka dari itu peneliti melakukan tindakan siklus I dan dilanjutkan siklus selanjutnya yaitu siklus II yang telah terlihat nilai kriteria ketuntasan mencapai 80% ke atas. Dan dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan permainan tradisional congklak dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak di Tk Negeri 1 Plus Banyuasin III.

References

Aisyah, Siti. 2012. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Tanggerang: Universitas Terbuka.

Afrimawati. 2016. Upaya Meningkatkan Kemampuan Anak Mengenal Konsep Lambang Bilangan Melalui Permainan Tradisional. Program Sarjana (SI) Kependidikan Bagi Guru Dalam Jabatan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Skripsi (tidak diterbitkan).

Dwigatama Dedi dan Kusumah Wijaya. 2012. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta : Permata Putri Media.

Fe, Eci. 2017. Buku Pintar Olahraga & Permainan Tradisional. Yogyakarta: Laksana.

Hasanah, Nor Izatil. 2017. Pengembangan Anak Melalui Permainan Tradisional.

Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Heryanti, Vera. 2014. Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Melalui Permainan Tradisional (Congklak). Program Sarjana (SI) Kependidikan Bagi Guru Dalam Jabatan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu. Skripsi (tidak diterbitkan).

Jackman, Hilda L. 2009. Early Education Curriculum A. Child’s Connecting To The Word (Four Edition), Belmot USA: Delmar Cengage Learning.

Kostelnik, J.Marjorie, dkk. 2017. Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Perkembangan Anak. Depok: Kencana

Kunandar. 2016. Penelitian Tindaka Kelas. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kurniati, Euis.2017. Permainan Tradisional. Jakarta: KENCANA

Nataliya, Prima. 2015. Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Permainan Tradisional Congklak Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal. (Universitas Muhammadiyah Malang).

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sujiono, Yuliani Nurani. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks.

Sujiono, Yuliani Nurani,dkk. 2011. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sugiyono. 2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana PrenadaMedia Group.

Wiyani, Novan Ardy. 2014. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media.

Yatini, Trifena, Muhamad Ali, dan Desni Yuniarni. 2013. Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Menggunakan Media Gambar Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal. (Universitas Tanjungpura Pontianak).

Downloads

Published

2019-12-18