PENGARUH KEGIATAN BERMAIN TELEPON KALENG TERHADAP KEMAMPUAN SOSIAL ANAK KELOMPOK B (USIA 5-6 TAHUN) DI TK AN-NAJAH PALEMBANG

Authors

  • Nadila April Liana Universitas PGRI Palembang

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya kegiatan bermain yang diterapkan dalam pembelajaran di kelas. Sehingga menjadi salah satu faktor penyebab lemahnya kemampuan sosial anak pada anak kelompok B (Usia 5-6 Tahun) di TK An-Najah Palembang. Padahal kita tahu bahwa bermain merupakan cara anak belajar, salah satu kegiatan bermain yang dapat dilakukan untuk melatih kemampuan sosial anak adalah kegiatan bermain telepon kaleng. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh kegiatan bermain telepon kaleng terhadap kemampuan sosial anak kelompok B (usia 5-6 tahun) di TK An-Najah Palembang Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, jenis penelitian yang digunakan menggunakan true experimental designs, dengan bentuk desain penelitian ini adalah Posttest Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini seluruh anak kelompok B di TK An-Najah Palembang, pengambilan sampel dalam penelitian dengan cara Random, kemudian diperoleh  sampel yaitu anak  kelompok B1 TK An-Najah Palembang (usia 5-6 tahun). Data diperoleh melalui observasi dengan menggunakan lembar chek-list yang disesuaikan dengan kisi-kisi instrumen yang telah dibuat serta dokumentasi berupa foto dan video. Teknik analisi data pada penelitian ini dengan menggunakan analisis uji-t dengan menguji prasyaratan uji normalitas dan uji homogenitas. Bedasarkan hasil penelitian menunjukan ada pengaruh kegiatan bermain telepon kaleng terhadap kemampuan sosial anak kelompok B (usia 5-6 tahun) di TK An-Najah Palembang. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t taraf signifikan 0,05, maka diperoleh  = 13,60, jika dibandingkan dengan  ab 28= 2,048, maka  13,60  2,048, berarti ditolak Ho dan diterima Ha. Dengan demikian maka “ada pengaruh kegiatan bermain telepon kaleng terhadap kemampuan sosial anak kelompok B (usia 5-6 tahun) di TK An-Najah Palembangâ€.

References

Ayu, Gresna. (2016). Perkembangan Anak Usia Dini. Surakarta: CV Mitra Banua Kreasindo

Andriana, Eva Nabila, dkk. (2016). Pengaruh Permainan Telepon Kaleng Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Negeri Pembina 3 Kota Pekanbaru. https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFKIP/article/view/11159. Diakses pada tanggal 13 Januari 2019, pukul 11.55 WIB

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Aulina, Choirun Nisak. (2015). Pengaruh Bermain Peran Terhadap Peningkatan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini. https://www.researchgate.net/publication/309471533_Pengaruh_Bermain_Peran_Terhadap_Kemampuan_Sosial_Anak_Usia_Dini. Diakses pada tanggal 13 Januari 2019 pukul 14.30 WIB

Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal Kementerian Pendidikan Nasional. (2011). Bermain Bagi AUD dan Alat Permainan yang Sesuai Usia Anak. http://paud.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2016/04/bermain-bagi-aud-dan-alat-permainan-yang-sesuai-usia-anak-file.pdf. Diakses pada tanggal 10 Januari 2019, pukul 08.15 WIB

Helmawati. (2014). Pendidikan Keluarga. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya

Kurniati, Euis. (2016). Permainan Tradisional. Jakarta: Prenadamedia Group

Kustiawan, Usep. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Malang: Penerbit Gunung Samudera

Kusumawati, Mia. (2015). Penelitian Pendidikan Penjasorkes (Pendidikan Jasmani dan Kesehatan). Bandung: ALABETA, cv

L.N, Syamsu Yusuf dan Nani M. Sugandhi. (2013). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Pt Rajagrafindo Persada

Munafiah, Nida’ul, dkk. (2018). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Multiple Intellegences. Jawa Tengah: Penerbit Mangku Bumi

Na’im, Nur Bani. (2015). Peningkatan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini Usia 4-5 Tahun Melalui Permainan Tradisional Cublak-Cublak Suweng Di Tk Aisyiah Bustanul Athfal 44 Kecamatan Banyumanik-Kota Semarang. https://journal.unnes.ac.id./sju/index.php/belia. Diakses pada tanggal 10 Januari 2019 pukul 00.31 WIB.

Nur, Muh. (2016). Permainan Edukatif Untuk Anak Usia Dini. Surakarta: CV Sanubari Pustaka

Perdani, Putri Admi. (2014). Peningkatan Kemampuan Sosial Anak Melalui PermainanTradisional. https://media.neliti.com/media/publications/117972-ID-peningkatan-keterampilan-sosial-anak-mel.pdf. Diakses pada tanggal 10 Januari 2019, pukul 08.00 WIB

Perdani, Putri Admi. (2013). Peningkatan Keterampilan Sosial Melalui Metode Bermain Permainan Tradisional Pada Anak TK B. https://media.neliti.com/media/publications/116991-ID-peningkatan-keterampilan-sosial-melalui.pdf. Diakses pada tanggal 10 Januari 2019, pukul 10.00 WIB

Soefandi, Indra dan S. Ahmad Pramudya. (2014). Strategi Mengembangkan Potensi Kecerdasan Anak. Jakarta: Bee Media Pustaka

Subagyo, Pangestu. (2010). Statistika Terapan. Yogyakarta: BPFE

Sudjana. (2013). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sujiono, Nurani Yuliani. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta Barat: PT Indeks

Surya, Hendra. (2009). Menjadi Manusia Pembelajaran. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Suryani dan Hendriyadi. (2015). Metode Riset Kuantitatif Teori Dan Aplikasi Pada Penelitian Bidang Manajemen Dan Ekonomi Islam. Jakarta: Prenadamedia Group

Susanto, Ahmad. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Susanto, Ahmad. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep Dan Teori). Jakarta: Bumi Aksara

Susanto, Ahmad. (2015). Bimbingan & Konseling Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Ulinuha, Zulfa. (2015). Penerapan Pembelajaran TPS dengan Media Telepon Kaleng Ditinjau Dari Kemampuan Komunikasi Tema Peristiwa Alam Kelas 1 SDN Mojolangu 2 Malang. http://eprints.umm.ac.id/21579/. Diakses pada tanggal 13 Januari 2019, pukul 08.30 WIB

Yulianti, Dwi. (2010). Bermain Sambil Belajar Sains di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT Indeks

Wulansari, Betty Yulia dan Ambiro Puji Asmaroini. (2017). The development of Telepon Kaleng Game as a Media to Stimulate Linguistic Intellegence of Early Childhood. http://journal.umpo.ac.id/index.php/indria/article/view/23-31/0. Diakses pada tanggal 13 Januari 2019, pukul 09.00 WIB

Downloads

Published

2019-12-16