PENGARUH METODE PEMBERIAN TUGAS DENGAN PEMBENTUKAN KARAKTER MANDIRI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD SINAR HARAPAN PALEMBANG

Authors

  • Yuni Anggraini Universitas PGRI Palembang

Abstract

enelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya Pengaruh Metode Pemberian Tugas dengan Pembentukan Karakter Mandiri pada Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Sinar Harapan Palembang. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah Anak anak kelas B1 yang berjumlah 20 Orang Anak, yang menjadi data Pretest dan data Posttest. Untuk mengetahui pembentukan Karakter Mandiri dalam penelitian ini diukur menggunakan lembar kerja anak seperti mewarnai, indikator yang dapat dilihat ketika anak mampu menyelesaikan tugas, anak terlihat percaya diri saat menyelesaikan tugas, anak melakukan tugas sesuai dengan perintah guru, anak dapat membereskan peralatannya sendiri tanpa bantuan guru. Analisis yang digunakan pada penelitian ini untuk melihat Pengaruh Metode Pemberian Tugas dengan Pembentukan Karakter Mandiri pada Anak Usia 5-6 tahun di PAUD Sinar Harapan Palembang yaitu menggunakan Uji Hipotesis, maka terdapat peningkatan atau pengaruh dari perlakuan metode pemberian tugas dengan Pembentukan Karakter Mandiri pada Anak melalui tes lembar kerja yang diberikan pada rata-rata data Pretest 59,25% dan rata-rata kemampuan pada data Posttest 71,75%. Dari hasil

References

Arikunto, Suharsimi.(2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:PT Rineka Cipta.

Ayuba Pantu & Buhari Luneto, Pendidikan Karakter dan Bahasa. (2014) Jurnal, hal 157 19/6/2018/10:16.

Gunawan Heri. (2014). Pendidikan Karakter. Bandung:Alfaber

Gunarti Winda Dkk.(2010). Metode Pengembangan Prilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini.Jakarta:Universitas Terbuka.

Hanifah Nurdin Dkk. (2013). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar

“Membela Anatomi Kurikulum 2013 untuk Membangun Masa Depan

Pendidikan yang Lebih Baikâ€, Upi : Sumedang Press. Copyright.

Kutha Ratna Nyoman. (2010). Metodologi Penelitian. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Latif Muktar, Dkk. (2014). Pendidikan anak usia Dini. Jakarta:Kencana.

Margono, S. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta:Rineka Cipta.

Mustari Mohamad, (2014) Nilai Karakter Refleksi untuk pendidikan . Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.

Rianti Ayu Agus. (2015), Mewujudkan Cita-cita Anak. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Royani,Dkk dalam jurnal Peningkatan kemampuan Metode Pemberian Tugas pada Anak Usia 5-6 tahun di TK Negri Pembina.2014.

Sagala Syaiful.(2014). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung :Alfabeta.

Samani Muchlas. (2012). Pendidikan Karakter. Bandung:Remaja Posdakarya.

Downloads

Published

2019-12-18