MIX MARKETING PERSAINGAN ANTAR PTN DAN PTS ERA GLOBALISASI
Abstract
Persaingan antar perguruan tinggi semakin kompetetif hal ini dilatarbelakangi dengan semakin banyaknya perguruan Tinggi baik PTN dan PTS di daerah tingkat II (kabupaten, Provinsi, dan Ibu kota Negara) yang jumlah kisaran 50-100 dalam satu Propinsi, oleh sebab itu setiap perguruan tinggi berupaya menjadikan perguruan tinggi menjadi idola dan menjadi perguruan tinggi favorit, dewasa ini keberhasilan dalam pendidikan dengan mengandalkan kualitas/ mutu tak memungkinkan lagi, untuk dapat meraup mahasiswa yang akan masuk dalam dunia perguruan tinggi, serta dengan adanya akreditas dari BAN PT tidak bisa diandalkan maka diperlukan upaya yang lebih maksimal dengan menggunakan strategi Mix Marketing 8P (product, Price, Place, Promotion, People, Process, Phisical Evidence, dan Public Relation). Diharapkan para pemimpin perguruan tinggi hendaknya dapat dijadikan sebagai referensi dalam mengambil kebijakan untuk kemajuan perguruan tinggi PTN dan PTS.
Kata Kunci: Manajemen 8 P (Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Physical Evidence, Public Realtion)