PERAN GURU MENERAPKAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA
Abstract
Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pembelajaran yang mengakomodir keberagaman siswa dalam belajar sesuai dengan kesiapan, minat dan gaya belajar. Berkembangnya kemajuan teknologi menjadi tantangan guru dalam mengakomodir kebutuhan siswa, sehingga peran guru sangat penting dalam merancang pembelajaran agar kebutuhan siswa dapat dipenuhi. Penelitian ini memberikan gambaran singkat terkait peran guru dalam pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan kajian literatur yang peneliti lakukan terhadap 15 artikel dari jurnal yang berbeda yang telah dipublikasikan tahun 2021 sampai dengan 2023. Adapun hasil analisis yang diperoleh adalah 1) Pentingnya peran guru mengetahui hasil pemetaan awal berupa kesiapan, minat dan gaya belajar siswa guna menentukan pembelajaran berdifernsiasi, 2) Pentingnya peran guru mengetahui solusi dari pemetaan awal yang menjadi dasar merancang startegi pembelajaran berdiferensiasi isi materi, metode pembelajaran, produk pembelajaran maupun lingkungan belajar, 3) Pentingnya peran guru menyeleraskan antara karakteristik siswa dengan pembelajaran berdiferensiasi yang telah dirancang. Oleh karena itu sebaiknya guru mengikuti pelatihan mengembangan keterampilan merancang dan mengelola pembelajaran berdiferensasi.
Kata kunci: Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Berdiferensiasi, Peran Guru.