INOVASI PENDIDIKAN: PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM KONTEKS PEMBELAJARAN INOVATIF
Abstract
Dalam era teknologi digital sekarang ini semua kegiatan manusia bisa langsung terhubung melalui media social. Disini media social dimanfaatkan sebagai media pembelajaran yang inovatif, kereatif, dan efektif. Sebagai seorang pendidik harus memiliki kemampuan dalam menggunakan media social sebagai media pembelajaran dan dapat mempermudah proses pembelajaaran. Penggunaaan media social ini dalam pendidikan sebagai media pembelajaran memiliki tujuan untuk meningkatkan minat belajar para peserta didik. Mampu meningkatkan kemapuan peserta didik dalam menguunakan teknologi, mereka dapat menciptakan karyananya sendiri lewat media social dan dapat mengembangkannya kedala, hal yang positif.meningkatkan kesadaran peserta didik dalam menggunakan media social konteks pendidikan.Metode yang di gunakan dalam penelitian ini merode analisi data yang menitikberatkan pada penelitian kepustakaan atau study pustaka (library research) yaitu melalui membaca,mengkaji,dan menelaah buku dan sumber-sumbar tertulis yang erat hubungannya dengan masalah penelitian. Pemanfaatan media social dalam konteks pembelajaran inovatif dapat lebih meningkatkan kualitas pembelajaran pendidik dan peserta didik jika digunakan semaksimal mungkin. tetapi bukan berarti media social mempunyai dampak negative,jika pendidik dalam penggunaan media social tidak terkontrol dan informasinya tidak disaring bisa terjadi kesalahan dalam proses kegiatan pembelajaran.
Kata kunci: Media Sosial, Pembelajaran Inovatif