EDUCATION TRANSFORMATION THROUGH DIGITAL PEDAGOGY: A CASE OF TEACHING ENGLISH AS A SECOND/FOREIGN LANGUAGE
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) konsep pedagogi digital, 2) tantangan utama dalam penerapannya, dan 3) cara efektif untuk mengintegrasikan teknologi ke dalam kurikulum. Ada beberapa konsep yang terkait dengan pedagogi digital, yaitu Integrasi teknologi dalam pembelajaran, pembelajaran kolaboratif, personalisasi pembelajaran, dan pembelajaran aktif dan interaktif. Lebih lanjut, beberapa konsep di balik pedagogi digital meliputi 1) inovasi pembelajaran, 2) penggunaan alat berbasis data, 3) aksesibilitas dan fleksibilitas, dan 4) keterampilan digital. Tantangan utama dalam penerapan pedagogi digital yaitu A) Akses dan infrastruktur, B) Pengembangan kurikulum dan materi pembelajaran yang sesuai, C) Pelatihan dan kesiapan guru, D) Privasi dan keamanan data, E) Evaluasi dan penilaian, F) Kesenjangan aksesibilitas , dan G) Pengelolaan waktu belajar daring. Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk keberhasilan keberhasilan integrasi teknologi, yaitu, 1) Evaluasi kebutuhan dan tujuan pembelajaran, 2) pemilihan teknologi yang tepat, 3) pelatihan dan dukungan bagi guru, 4) perencanaan integrasi dalam kurikulum, 5 ) kolaborasi antara guru dan teknologi, 6) evaluasi dan umpan balik, 7) mengutamakan kreativitas dan inovasi, 8) keamanan dan etika digital. Berikut beberapa contoh nyata penerapan pedagogi digital dalam konteks pendidikan, antara lain: 1) Pembelajaran adaptif melalui aplikasi atau platform, 2) Simulasi dan laboratorium virtual, 3) Alat multimedia dan pembelajaran interaktif, 4) Pembelajaran kolaboratif dan berbasis proyek, 5 ) Evaluasi dengan alat digital, 6) Pengajaran jarak jauh dan kehadiran virtual, dan 7) Aplikasi kreatif untuk proyek siswa.
Kata Kunci: Pedagogi Digital, Tantangan, Cara Efektif