TRANSFORMASI PENDIDIKAN MELALUI PEDAGOGI DIGITAL DI ERA INDUSTRI 4.0: KESEMPATAN ATAU HAMBATAN?
Abstract
Integrasi digitalisasi dalam pendidikan telah menjadi kebutuhan mendasar dunia pendidikan saat ini. Kemunculan teknologi telah menimbulkan beberapa tantangan bagi seluruh sistem pendidikan, khususnya guru yang merupakan penghubung langsung dengan siswa. Ironisnya, Pustekkom Kemendikbud menunjukkan kesenjangan antara guru dan siswa dalam penggunaan teknologi dan hanya 40% guru non TIK yang siap dengan teknologi. Di sisi lain, pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran lebih dimaknai secara dangkal hanya sebatas penggunaan alat atau media, misalnya power point, internet, dan ebook. Penggunaan teknologi lebih dimanfaatkan untuk transfer of knowledge bukan transfer of values. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji secara konseptual mengenai digital pedagogy sebagai alternatif solusi dalam pembelajaran era revolusi industri 4.0. Pedagogi digital sangat penting saat ini karena seluruh dunia bergerak menuju digitalisasi di segala bidang. Teknologi telah banyak mempengaruhi pembelajaran dan menghasilkan perkembangan pedagogi digital yang telah menjadi bagian penting di dunia saat ini. Artikel ini berfokus pada pengaruh dan manfaat pedagogi digital untuk pembelajaran. Hasil kajian menunjukkan bahwa digital pedagogy merupakan pendekatan yang tidak sekedar berbasis pada keterampilan pendidik dalam menggunakan teknologi namun bagaimana fasilitator (pendidik) memanfaatkan teknologi untuk membangun kemampuan berpikir sekaligus mengembangkan aspek afektif terhadap terdidik, serta adanya peluang profesi usaha di bidang IT. Selain itu, bidang manajemen pendidikan juga memegang peran penting terkait pergeseran paradigma pembelajaran digital ini terkait pengelolaan keamanan database seluruh aspek Pendidikan, kebijakan keamanan data pendidikan, dan juga rancangan kurikulum digital.
Kata kunci: digital pedagogy; revolusi industri 4.0; pengelolaan pendidikan; transformasi pendidikan