https://semnas.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosidingips/issue/feedSEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN IPS "Transformasi Pendidikan IPS Menyongsong Era Society 5.0" Diselenggarakan Oleh Universitas PGRI Palembang2024-04-17T05:03:59+00:00Open Journal Systems<p>Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPS ini dapat diselesaikan. Adapun tujuan dari penerbitan prosiding ini adalah sebagai wahana informasi di bidang karya ilmiah khususnya di bidang pendidikan IPS agar dapat disebarluaskan kepada para pencari informasi, peneliti, dosen, dan mahasiswa yang sedang menulis karya ilmiah. Di samping itu, karya ini adalah sebagai tempat berbagi pendapat yang pada waktunya akan mendapat masukan dari para pembaca. Selain itu, prosiding ini juga akan menambah koleksi perpustakaan di ruang baca dan publikasi pada webset Universitas PGRI Palembang. link Website : https://semnas.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosidingips. Pelaksanaan pada tanggal 23-24 agustus 2022 </p> <p>Para Pembaca bisa mendownload artikel secara bebas (Open Access ) pada archive halaman web ini.</p>https://semnas.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosidingips/article/view/368Ke-Papuaan Pada Pembelajaran Sejarah di Sekolah Menengah Atas Kota Jayapura 2024-03-23T03:11:09+00:00Susanto T. Handoko susantoth15@gmail.com<p>Pendidikan sejarah diharapkan dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan atau isu-isu<br>terkini baik dalam konteks lokal, nasional maupun global. Penelitian ini bertujuan untuk<br>mengkonstruksikan materi Ke-Papuaan dalam buku teks Sejarah Nasional. Pendekatan<br>penelitian yang peneliti gunakan adalah pendekatan kualitatif dengan analisis buku teks<br>dengan menggunakan metode analisis wacana kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa<br>pembelajaran sejarah lokal Papua yang memuat materi Ke-Papuaan dalam buku teks<br>Sejarah Nasional Indonesia masih minim dinarasikan. Pentingnya pembelajaran sejarah di<br>Papua yang memuat materi relasi Ke-Papuaan dan Ke-Indonesiaan akan menguatkan<br>integrasi bangsa. Materi pendidikan sejarah mampu mengembangkan potensi peserta didik<br>untuk mengenal nilai-nilai bangsa yang diperjuangkan pada masa lalu, dipertahankan dan<br>disesuaikan untuk kehidupan masa kini, dan dikembangkan lebih lanjut untuk kehidupan<br>masa depan. </p>2024-03-28T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN IPS "Transformasi Pendidikan IPS Menyongsong Era Society 5.0" Diselenggarakan Oleh Universitas PGRI Palembanghttps://semnas.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosidingips/article/view/408PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI SMA NEGERI 1 PULAU RIMAU 2024-03-26T07:18:52+00:00Yayuk Mafufahnidakhairiyah80@gmail.comNina Damayatibudiutomo11@program.belajar.idEni Heldayanibudiutomo11@program.belajar.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap <br>prestasi belajar siswa pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri 1 Pulau Rimau. Metode<br>yang digunakan dalam penelitian ini mixmethod . Populasi dalam penelitian ini kelas X IPS<br>sebanyak empat kelas, teknik pengambilan sampel teknik purposive sampling didapat kelas X<br>IPS 1 yang dijadikan sampel dan sebanyak 27 siswa yang dijadikan sebagai responden. Data<br>dikumpulakan menggunakan wawancara dan kuesioner kemudian diolah dengan teknik<br>analisis regresi dummy. Hasil penelitian menemukan bahwa kecerdasan emosional<br>mempengaruhi prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Pulau Rimau. Rata-rata kecerdasan<br>emosional siswa 65 dalam kategori B (Baik) dan untuk prestasi 66 dengan predikat B (Baik).<br>Uji signifikan didapat 0,46<0,50 yang menunjukan ada pengaruh signifikan antara kecerdasan<br>emosiona dengan prestasi belajar.</p>2024-03-28T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN IPS "Transformasi Pendidikan IPS Menyongsong Era Society 5.0" Diselenggarakan Oleh Universitas PGRI Palembanghttps://semnas.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosidingips/article/view/386Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran Ekonomi di MA Al-Hidayah Muara Telang2024-03-25T05:15:00+00:00Isamaisyarani105@gmail.comYasir Arafatmaisyarani105@gmail.comJanuardimaisyarani105@gmail.com<p>Pembelajaran online menjadi salah satu alternatif untuk melakukan kegiatan belajar di<br>masa pandemi Covid-19 atau di rumah. Wajar saja hal ini mempengaruhi aktivitas belajar<br>siswa, sehingga tidak dapat diinstruksikan atau memahami materi yang disampaikan,<br>mungkin memiliki keterbatasan akses jaringan, atau mungkin memiliki keterbatasan tugas,<br>dan berbagai kesulitan lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh<br>pembelajaran online terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS mata pelajaran Ekonomi di<br>MA Al-Hidayah Muara Telang. Metode yang digunakan penelitian ini bersifat Expost<br>facto dan bertujuan untuk mengumpulkan atau mengalikan data dari peristiwa, Hasil<br>penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran online berpengaruh terhadap hasil belajar<br>ekonomi siswa pada tabel 4.10 diperoleh nilai defiation from liniearity sig. 0,17 > 0,05<br>yang berarti koefisien korelasi pembelajaran daring terhadap hasil belajar ekonomi siswa<br>adalah signifikan dan pembelajaran daring (X) berpengaruh positif terhadap hasil belajar<br>ekonomi siswa (Y) dengan nilai 0,034.</p>2024-03-28T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN IPS "Transformasi Pendidikan IPS Menyongsong Era Society 5.0" Diselenggarakan Oleh Universitas PGRI Palembanghttps://semnas.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosidingips/article/view/364Nilai Sejarah Toponimi Anak Sungai Musi di Seberang ULU I Palembang Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah Lokal 2024-03-23T02:14:17+00:00Yusupwardanirisma125@gmail.comSukardiwardanirisma125@gmail.comDina Sri Nindiatibudiutomo@univpgri-palembang.ac.idWidyabudiutomo@univpgri-palembang.ac.id<p>Toponimi atau Pemberian nama oleh manusia bertujuan untuk mempermudah dalam<br>mengidentifikasi suatu benda maupun tempat. Masalah dalam penelitian ini masyarakat masih<br>belum banyak mengetahui tentang sejarah anak sungai diPalembang khususnya di Seberang<br>Ulu I dan bagi Sekolah masih minimnya Sumber Belajar mengenai Nilai sejarah anak Sungai<br>Musi diseberang Ulu I sehingga dapat dijadikan Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah Lokal.<br>Tujuan Penelitian untuk mengetahui nilai sejarah Toponimi anak sungai musi yaitu Sungai<br>Pekapuran dan Sungai aur, Metode dalam penelitian ini menggunakan Deskriptif Kualitatif,<br>yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan,<br>pengumpulan data dengan Survey, Observasi, Wawancara, Dokumentasi, dan Studi Pustaka.<br>Analisis data dimulai dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. hasil<br>penelitian dan pembahasan bahwa Toponimi Anak Sungai Musi di Seberang Ulu I Khususnya<br>Sungai Pekapuran dan Sungai Aur Terdapat Nilai Sejarah, Ekonomi, Sosial, Religius dan<br>lainnya yang dapat dijadikan sebagai sumber pembelajaran Sejarah Lokal di Palembang.</p>2024-03-28T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN IPS "Transformasi Pendidikan IPS Menyongsong Era Society 5.0" Diselenggarakan Oleh Universitas PGRI Palembanghttps://semnas.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosidingips/article/view/406Analisis Implementasi Konsep Pembelajaran Akuntansi Kurikulum Merdeka Belajar Pada SMK Di Palembang 2024-03-26T07:02:59+00:00Merlin budiutomo@univpgri-palembang.ac.idNeta Dian Lestari budiutomo@univpgri-palembang.ac.idErma Yulainibudiutomo@univpgri-palembang.ac.id<p>Penelitian ini berencana ingin memutuskan tentang pelaksanaan kurikulum merdeka<br>belajar pada SMK di Palembang tahun pelajaran 2021/2022. Teknik yang dilakukan ialah<br>teknik deskriptif kualitatif, subjek pada penelitian ialah guru di SMK Negeri 1 Palembang,<br>SMK PGRI 1 Palembang dan SMK Muhammadiyah 2 Palembang pada pelajaran<br>akuntansi pada kelas X Akuntansi Keuangan Lembaga (AKL) .Hasil penelitian diperoleh<br>bahwa tingkat rata-rata jawaban guru 35 Responden pernyataan positif negative sebesar<br>81,9% dengan kritera Baik, Sedangkan hasil tingkat rata-rata jawaban siswa kelas X AKL<br>178 responden pernyataan positif negative sebesar 79,2% dengan kriteria Baik. Hal ini<br>dimaksud dari tanggapan para pendidik dan siswa terhadap pelaksanaan kurikulum<br>merdeka belajar bahwa hal itu telah dilakukan dengan baik. Dari hasil penelitian ini para<br>pendidik dan sekolah dapat lebih fokus untuk memahami program pendidikan kurikulum<br>di indonesia pada masa selanjutnya.</p>2024-03-28T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN IPS "Transformasi Pendidikan IPS Menyongsong Era Society 5.0" Diselenggarakan Oleh Universitas PGRI Palembanghttps://semnas.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosidingips/article/view/384Analisis Peranan Perpustakaan dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Muara Sugihan 2024-03-23T05:29:09+00:00Tiara Saribudiutomo@univpgri-palembang.ac.idBukman Lianbudiutomo@univpgri-palembang.ac.idDepi Pramikabudiutomo@univpgri-palembang.ac.id<p>Kontribusi dari perpustakaan ialah membantu para pembaca agar menimbulkan<br>dedukasi untuk para penggemar pembaca dan dapat menumbuhkan motivasi untuk<br>belajar bagi pelajar. Kemudian dengan adanya perpustakaann sekolah dan kelengkapan<br>buku-buku tersedia menjadikan motivasi belajar bagi parapelajar. Bersandarkan perihal<br>itu maka peneliti ingin mencari tahu bagaimana peran perpustakaan dalam meningkatkan<br>motivasi belajar bagi para siswa. Penelitian ini dilaksanakan agar dapat mengetahui ada<br>atau tidaknya peranan perpustakaan untuk meningkatkan motivasi belajar bagi para<br>siswa di SMA Negeri 1 Muara Sugihan Kabupaten Banyuasin. Teknik yang dipakai pada<br>penelitian ini ialah teknik deskriptif kualitatif. Pengumpulan datanya ialah dokumentasi<br>dan angket. Berdasarkan hasil angket yang disebar dapat diketahui bahwa nilainya ialah<br>83% dan 81,44% yang dapat dikatakan peranan perpustakaan sekolah kepada<br>peningkatan motivasi belajar berada pada kategori SangatBaik.</p>2024-03-28T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN IPS "Transformasi Pendidikan IPS Menyongsong Era Society 5.0" Diselenggarakan Oleh Universitas PGRI Palembanghttps://semnas.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosidingips/article/view/362Nilai Sejarah Toponimi Anak Sungai Musi di Ilir Barat II Kota Pelembang Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah Lokal 2024-03-23T01:42:47+00:00Esi Aprianiw445436@gmail.comSukardidenipuji.2023@student.uny.ac.idKabib Sholehdenipuji.2023@student.uny.ac.id<p>Sejarah lokal memiliki nilai penting untuk diketahui dan dipelajari oleh peserta didik<br>maupun masyarakat. Sungai Tatang dan Sungai Tawar memiliki nilai sejarah yang perlu<br>di ketahui terkait materi kelokalan tersebut para guru dan siswa belum banyak<br>mengetahui dan memahami nilai sejarah toponimi anak Sungai Musi dalam kaitannya<br>materi pembelajaran sejarah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana<br>nilai-nilai sejarah toponimi anak Sungai Musi Ilir Barat II Palembang sebagai sumber<br>pembelajaran sejarah lokal. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah metode<br>deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan datanya di lakukan mulai dari<br>observasi, wawancara, dokumentasi, studi pustaka. Teknik analisa datanya mengunakan<br>deskriptif kualitatif yang sebelumnya tentu dilakukan validasi sumber atau data. Hasil<br>penelitian ini menunjukan Anak Sungai Musi di wilayah Ilir Barat II khusunya Sungai<br>Tawar dan Sungai Tatang mengandung nilai sejarah yang penting yaitu baik dalam<br>bidang politik, ekonomi dan sosial budaya. Nilai sejarah t oponimi tersebut dapat<br>dijadikan sumber pembelajaran sejarah lokal.</p>2024-03-28T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN IPS "Transformasi Pendidikan IPS Menyongsong Era Society 5.0" Diselenggarakan Oleh Universitas PGRI Palembanghttps://semnas.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosidingips/article/view/404Akulturasi Arsitektur Rumah Tua di Kampung Cina Kota Bengkulu sebagai Sumber Belajar Sejarah di Sekolah 2024-03-26T06:43:24+00:00Ranti Listianahabibsholeh978@gmail.comRisma Wardanihabibsholeh978@gmail.comKabib Sholehhabibsholeh978@gmail.comWidyahabibsholeh978@gmail.com<p>Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis nilai-nilai sejarah dan budaya<br>akulturasi arsitektur rumah tua di Kampung Cina Kota Bengkulu sebagai sumber<br>pembelajaran sejarah di sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode<br>penelitian sejarah yang dimulai dari Heuristik (pengumpulan data), verifikasi data,<br>interprestasi (penafsiran data) dan selanjutnya adalah historiografi Dari hasil penelitian ini<br>dapat disimpulkan bahwa rumah tua di Kampung Cina Kota Bengkulu ini sudah tidak banyak<br>lagi karena faktor alam dan daerah ini menjadi daerah rawan kebakaran sehingga menyebabkan<br>banyaknya perubahan bentuk bangunan. Formulasi akulturasi arsitektur bangunan rumah tua<br>di kampung Cina kota Bengkulu merupakan perpaduan antara kebudayaan Cina dan<br>kebudayaan Eropa. Akulturasi Arsitektur rumah tua Kampung Cina kota Bengkulu ini<br>berkaitan dengan materi tentang sistem kebudayaan kerajaan Hindu-Budha pada kehidupan<br>masyarakat Indonesia masa kini dengan standar kompetensi dasarnya pada silabus K13 kelas<br>XI Semester 1.</p>2024-03-28T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN IPS "Transformasi Pendidikan IPS Menyongsong Era Society 5.0" Diselenggarakan Oleh Universitas PGRI Palembanghttps://semnas.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosidingips/article/view/382Tepung Tawar Tradisi Tolak Bala’ Dalam Sejarah Melayu2024-03-23T05:16:18+00:00Dinda Nur’ainidenipuji.2023@student.uny.ac.idMuhamad Idrisdenipuji.2023@student.uny.ac.idWandiyodenipuji.2023@student.uny.ac.idWidyadenipuji.2023@student.uny.ac.id<p>Tepung tawar tradisi tolak bala‟ adalah satu tradisi dan kebiasaan yang dilakukan oleh<br>masyarakat Melayu sebagai penolak bala dan memiliki nilai sejarah yang sangat penting <br>untuk diketahui, dan dapat dijadikan sebagai sumber pembelajaran sejarah kebudayaan itu<br>kurang diminati oleh mahasiswa maupun masyarakat sekitar. Tujuan dari penelitan ini<br>adalah mengetahui nilai sejarah tradisi tepung tawar dalam sejarah kebudayaan Melayu<br>Sumatera Selatan yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber pembelajaran sejarah<br>kebudayaan. Metode yang digunakan dalam penelitian deskriptif dengan pendekatan<br>Kualitatif untuk memperoleh data relevan sesuai dengan masalah yang dibahas dalam<br>penelitian ini maka Teknik Pengumpulan Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu<br>observasi wawancara, dokumentasi dan Studi Pustaka, dan Analisis data yang digunakan<br>dalam penelitian ini ialah dengan reduksi data, menyediakan data dan penarikan<br>kesimpulan. Hasil penelitian ini ialah tentang nilai Sejarah Tradisi tepung tawar tolak bala‟<br>dalam sejarah Melayu yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber pembelajaran sejarah<br>Kebudayaan.</p>2024-03-28T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN IPS "Transformasi Pendidikan IPS Menyongsong Era Society 5.0" Diselenggarakan Oleh Universitas PGRI Palembanghttps://semnas.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosidingips/article/view/402Nilai-Nilai Sejarah dan Budaya Kampung Arab Al-Munawar Sebagai Kawasan Cagar Budaya Kota Palembang 2024-03-26T06:24:48+00:00Rusdihabibsholeh978@gmail.comKabib Sholehhabibsholeh978@gmail.comSamosirhabibsholeh978@gmail.com<p>Kampung Arab Al-Munawar merupakan salah satu bangunan Cagar Budaya di Palembang,<br>merupakan Cagar Budaya yang terdiri dari delapan bangunan rumah yaitu: rumah kaca, rumah <br>kembar darat, rumah tinggi, rumah kembar laut, rumah limas hingga rumah batu atau indies, dan<br>semuanya dibangun oleh Habib Abdurrahman Al-Munawar setelah setiap kelahiran anaknya.<br>Nilai yang terdapat pada Kampung Arab Al-Munawar merupakan homogenitas kebudayaan Islam<br>yang dapat dilihat dari seni bangunan dan latar belakang pembangunannya. Tujuan pada<br>penelitian ini adalah untuk menganalisis nilai-nilai sejarah dan budaya pada Kampung Arab Al<br>Munawar di Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian<br>sejarah yang di mulai dari Heuristik (pengumpulan data), verifikasi data, interprestasi (penafsiran<br>data) dan selanjutnya adalah historiografi. Bangunan Kampung Arab Al-Munawar merupakan<br>percampuran kebudayaan Arab dengan kebudayaan setempat, rumah limas dan panggung<br>merupakan unsur budaya Palembang yang diserap untuk bentuk bangunannya, demikian juga<br>rumah Indies yang secara umum merupakan bentuk rumah yang pernah menjadi tren di nusantara.<br>Selain itu baik di rumah panggung dan limas, ragam memiliki kekhasan tersendiri yang dapat<br>dilihat dari ornamen rumah dan penggunaan marmer sebagai lantainya memiliki gaya Timur<br>Tengah bercampur dengan gaya Eropa yang menampilkan kesederhanaannya.</p>2024-03-28T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN IPS "Transformasi Pendidikan IPS Menyongsong Era Society 5.0" Diselenggarakan Oleh Universitas PGRI Palembanghttps://semnas.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosidingips/article/view/380 PePengaruh Model CIPP (Context, Input, Process, Product) Terhadap Hasil Belajar Produk Kreatif Dan Kewirausahaan Siswa di SMK PGRI 1 Palembang2024-03-23T05:03:34+00:00Meri Apritabudiutomo@univpgri-palembang.ac.idNeta Dian Lestari budiutomo@univpgri-palembang.ac.idRiswan Aradeabudiutomo@univpgri-palembang.ac.id<p>Penelitian dilakukan untuk mendapat pengaruh model CIPP (context, input, process,<br>product) terhadap hasil belajar produk kreatif dan kewirausahaan di SMK PGRI 1<br>Palembang dengan sampel berjumlah 66 siswa yakni kelas XI AKL I dan AKL 2. Pada<br>penelitian ini ditemukan permasalahan siswa yang kurang mampu dalam menangkap<br>materi pembelajaran dan berdasarkan pernyataan guru mata pelajaran belum diterapkannya<br>pembuatan produk. Tujuan penelitian untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan<br>Model CIPP pada kelas XI AKL Di SMK PGRI 1 Palembang. Metode yang dipakai ialah<br>metode eksperimen. pengumpulan data dokumentasi,observasi,wawancara dan tes pilihan<br>ganda. Hasil penelitian t<br>hitung<br>>t<br>tabel<br>nilai signifikan t<br>hitung<br>sebesar 3, 949 t<br>tabel<br>0,025(0,2000)<br>yang menunjukkan adanya pengaruh model CIPP terhadap hasil belajar dan hasil yang<br>diperoleh model CIPP terhadap hasil belajar sebesar 64,48% sedangkan 35,52%<br>dipengaruhi oleh variabel lain. </p>2024-03-28T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN IPS "Transformasi Pendidikan IPS Menyongsong Era Society 5.0" Diselenggarakan Oleh Universitas PGRI Palembanghttps://semnas.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosidingips/article/view/400Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Bajo Mola Dalam Pengelolaan Laut di Taman Nasional Wakatobi2024-03-25T08:17:07+00:00Marlinaidrismuhamad1970@gmail.comAzmin Maneidrismuhamad1970@gmail.comJaelaniidrismuhamad1970@gmail.comAjis Amir Malakaidrismuhamad1970@gmail.com<p>Kepedulian lingkungan penting untuk mewujudkan kualitas lingkungan yang baik. <br>Karakter peduli lingkungan harus dimiliki oleh masyarakat sebagai upaya pelestarian <br>termasuk kepedulian masyarakat Bajo dalam pengelolaan kawasan Taman Nasional <br>Wakatobi. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji nilai-nilai kearifan lokal pada masyarakat <br>Bajo Mola di Taman Nasional Wakatobi meliputi kearifan lokal Duata Sangal, Parika dan <br>Pamali yang terkandung dalam pendidikan karakter peduli lingkungan yang diintegrasikan <br>melalui pembelajaran geografi SMA. Metode penelitian menggunakan diskriptif kualitatif <br>dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan kajian pustaka yang <br>dianalisis dengan model triangulasi. Hasil penelitian yaitu pendidikan karakter peduli <br>lingkungan dapat dikembangkan melalui pemanfaatan sumber daya laut melalui kearfian <br>lokal masyarakat Bajo Mola. Sebagai Masyarakat berbudaya laut nilai-niai kearifan lokal <br>mengandung indikator karakter peduli lingkungan yang dapat diintegrasikan dalam <br>pembelajaran geografi. Pengelolaan sumber daya laut Taman Nasional Wakatoi dilakukan <br>dengan melibatkan semua masyarakat melalui kearifan lokal.</p>2024-03-28T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN IPS "Transformasi Pendidikan IPS Menyongsong Era Society 5.0" Diselenggarakan Oleh Universitas PGRI Palembanghttps://semnas.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosidingips/article/view/378Peristiwa Proklamasi 17 Mei 1949 di Kalimantan Selatan Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah Lokal di SMA 2024-03-23T04:40:14+00:00Muhammad Fitribudiutomo@univpgri-palembang.ac.idSunardibudiutomo@univpgri-palembang.ac.idSusantobudiutomo@univpgri-palembang.ac.id<p>Sumber pembelajaran sejarah lokal merupakan suatu aktivitas belajar dengan<br>pemanfaatan suatu fakta sejarah yang ada di suatu wilayah. Salah satunya yakni<br>peristiwa sejarah lokal Proklamasi 17 Mei 1949 di Kalimantan Selatan. Penelitian ini<br>bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran sejarah lokal Proklamasi 17 Mei<br>1949 di SMA. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Hasil<br>penelitian menunjukkan bahwa guru sejarah melakukan perencanaan dengan cara<br>menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang berpedoman pada silabus,<br>prota dan prosem selain itu, guru juga melalukan pelaksanaan pembelajaran dengan<br>menerapkan pendekatan saintifik. Serta guru juga melaksanakan evaluasi pada <br>pembelajaran sejarah lokal. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa<br>pembelajaran sejarah Proklamasi 17 Mei 1949 di Kalimantan Selatan sebagai<br>sumber pembelajaran sejarah lokal di SMA dilaksanakan oleh guru dengan<br>melakukan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Direkomendasikan kepada<br>pendidik agar peka dan mampu dalam memanfaatkan potensi fakta sejarah lokal di<br>daerahnya masing-masing sebagai sumber pembelajaran sejarah di SMA.</p>2024-03-28T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN IPS "Transformasi Pendidikan IPS Menyongsong Era Society 5.0" Diselenggarakan Oleh Universitas PGRI Palembanghttps://semnas.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosidingips/article/view/398Sejarah Perkembangan Islamisasi di Kecamatan Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyuasin sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah Lokal2024-03-25T07:51:36+00:00nadiahabibsholeh978@gmail.comKabib Sholehhabibsholeh978@gmail.comDina Sri Nindiatiidrismuhamad1970@gmail.comWidyaidrismuhamad1970@gmail.com<p>Sejarah masuknya agama Islam di Kecamatan Sungai Lilin pada tahun 1920, Tujuan pada<br>penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses sejarah Islamisasi di kecamatan<br>Sungai Lilin serta perkembangan yang terjadi dari tahun 1920 sampai saat ini. Penelitian ini<br>menggunakan metode deskriptif kualitatif yang berarti sebuah prosedur penelitian yang<br>menghasilkan data berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang di<br>amati adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara,<br>dokumentasi dan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini adalah Islam masuk di Sungai Lilin<br>di bawa langsung oleh seorang keturunan priyai yang bernama kyai Abdul Manab bin<br>Kliwon, ajaran agama Islam yang di bawa pada masa itu merupakan ajaran agama yang<br>berpahamkan Ahlussunah waljama’ah, yang bermahzab Imam Syafi’i serta mengikuti<br>thoriqoh Qadiriyah, Wanashabiyah,Syekh Abdul Qodir Jaelani, dan tarekat Sammaniyah dan<br>terdapat sebuah peninggalan berupa kitab kuning.</p>2024-03-28T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN IPS "Transformasi Pendidikan IPS Menyongsong Era Society 5.0" Diselenggarakan Oleh Universitas PGRI Palembanghttps://semnas.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosidingips/article/view/376Nilai Sejarah Toponimi Anak Sungai Musi di Ilir Timur II Palembang Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah Lokal 2024-03-23T04:25:57+00:00Tarisa Wulandaribudiutomo@univpgri-palembang.ac.idKabib Sholeh budiutomo@univpgri-palembang.ac.idAhmad Zamharibudiutomo@univpgri-palembang.ac.id<p>Toponimi merupakan penamaan pada suatu tempat seperti penamaan pada jalan, kota, sungai,<br>dan sebagainya yang memiliki nilai sejarahnya. Masalah dari penelitian ini masyarakat<br>banyak belum mengetahui tentang sejarah toponimi dari anak sungai Musi di Ilir Timur II <br>Palembang. Sekolah pun belum ada materi ajar untuk diajarkan oleh guru kepada siswa <br>sehingga kajian sejarah toponimi anak sungai ini penting untuk diketahui nilai-nilai sejarah<br>bagi generasi bangsa. Tujuan penelitian untuk mengetahui dan menjelaskan tentang<br>bagaimana nilai-nilai sejarah toponimi anak Sungai Buah dan Sungai Lawang Kidul sebagai<br>sumber pembelajaran sejarah lokal. Metode penelitian ini menggunakan metode Deskriptif<br>Kualitatif yang pengumpulan datanya melalui proses Obsevasi, Wawancara, Dokumentasi<br>dan kajian literatur, teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil<br>penelitian dari Toponimi sungai Buah dan sungai Lawang Kidul yang memiliki nilai-nilai<br>sejarahnya yaitu dalam nilai sejarah toponimi di bidang ekonomi, politik, sosial-budaya dan<br>agama yang nantinya akan dijadikan sebagai sumber pembelajaran Sejarah Lokal di<br>Palembang.</p>2024-03-28T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN IPS "Transformasi Pendidikan IPS Menyongsong Era Society 5.0" Diselenggarakan Oleh Universitas PGRI Palembanghttps://semnas.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosidingips/article/view/396Akulturasi Masjid Menara Kudus dan Masjid Agung Demak2024-03-25T07:30:22+00:00Kemas Muhammad Bardan Abdillahbardanabdillah740@gmail.comWardani Risma bardanabdillah740@gmail.comWidyabardanabdillah740@gmail.comM.Notarisbardanabdillah740@gmail.com<p>Masjid adalah tempat ibadah bagi umat yang beragama Islam, dimana tempat itu <br>disakralkan atau menjadi bangunan suci yang harus terjauh dari najis. Masjid juga <br>merupakan bangunan yang memiliki banyak perubahan dari gaya arsitektur sesuai dengan <br>tempat, skup waktu, dan kebuyaan lokal di suatu wilayah. Terkhususnya di wilayah Kudus <br>dan Demak, yang dimana kedua wilayah itu masih dalam satu kepulauan dan satu Provinsi <br>yaitu Provinsi Jawa Tengah. Kudus dan Demak memiliki sejarah peradaban Islam di <br>Nusantara, yang dimana ada para Ulama ada yang berasal dari sana. Dan berhubungannya <br>menjadi wilayah para wali, maka tidak heran memiliki banyak Masjid, terutama ada masjid <br>yang terkenal sejarahnya di kedua wilayah tersebut, yaitu Masjid Menara Kudus (Masjid <br>Al-Aqsha) dan Masjid Agung Demak. Kedua Masjid ini memiliki nilai sejarah dan nilai <br>seni dari segi arsitektur yang berakulturasi dari beberapa kebudayaan, dan bisa menjadi <br>bahan pembelajaran dalam Ilmu Sejarah kelokalan.</p>2024-03-28T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN IPS "Transformasi Pendidikan IPS Menyongsong Era Society 5.0" Diselenggarakan Oleh Universitas PGRI Palembanghttps://semnas.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosidingips/article/view/373Nilai Sejarah Benteng Kuto Panji Kecamatan Belinyu sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah di SMA N 1 Pemali Bangka 2024-03-23T04:04:36+00:00Muhammad Juniardhi jurnalneraca.pakunpgriplg@gmail.comAan Suriadi budiutomo@univpgri-palembang.ac.idAhmad Zamhari budiutomo@univpgri-palembang.ac.idWidyabudiutomo@univpgri-palembang.ac.id<p>Nilai sejarah merupakan sesuatu yang beharga dari suatu peristiwa penting yang pernah<br>terjadi dengan pembuktian sebuah peninggalan-peninggalan dari peristiwa tersebut yang<br>masih ada dan terjaga. Kuto Panji merupakan daerah yang terletak di kecamatan Belinyu<br>Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung. Di daerah Kuto Panji terdapat Benteng<br>yang bernama Benteng Kuto Panji atau disebut juga Benteng Masih banyaknya<br>Masyarakat khususnya siswa peserta didik yang belum mengetahui sejarah dan Nilai-nilai<br>yang terdapat dalam Benteng Kuto Panji. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui<br>Nilai-Nilai yang terdapat di Benteng Kuto Panji.Metode penelitian ini menggunakan<br>metode deskriptif kualitatif, dan tekhnik pengumpulan data menggunakan data lapangan<br>seperti dokumentasi, observasi wawancara. Tekhnik analisis data dengan penyajian data<br>dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mendapatkan bahwa di Benteng Kuto Panji<br>terdapat Nilai-nilai didalamnya, seperti Nilai Sejarah, Nilai Politik, Nilai ekonomi, Nilai<br>Budaya dan Nilai religius. Hasil penelitian ini di gunakan sebagai sumber pembelajaran<br>sejarah di SMAN 1 Pemali Bangka.</p>2024-03-28T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN IPS "Transformasi Pendidikan IPS Menyongsong Era Society 5.0" Diselenggarakan Oleh Universitas PGRI Palembanghttps://semnas.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosidingips/article/view/390Nilai Sejarah Masyarakat Tepi Sungai Musi di Wilayah Ilir Palembang Tahun 1900-1960 Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah Lokal2024-03-25T06:16:02+00:00Maryadimaisyarani105@gmail.comSukardimujibcoc20@gmail.comkabib Shalehmujibcoc20@gmail.com<p>Daerah Seberang Ilir Palembang pada tahun 1900-an dikuasai oleh Kolonial Belanda. Ada <br>perubahan yang sangat signifikan yang mempengaruhi berbagai aspek kehidupan <br>masyarakat yang tinggal di tepi Sungai Musi di Wilayah Seberang Ilir Palembang. <br>Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana nilai sejarah, sosial budaya masyarakat <br>bantaran sungai Musi di daerah Ilir Palembang tahun 1900-1960 dapat dijadikan sumber <br>pembelajaran sejarah lokal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan <br>menganalisis Nilai Sejarah, Sosial Budaya Masyarakat Musi Riverside Wilayah Ilir <br>Palembang tahun 1900-1960 yang kemudian dapat digunakan sebagai sumber belajar <br>sejarah lokal. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan teknik <br>pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Hasil <br>penelitian ini adalah terdapat 4 nilai sejarah, sosial budaya masyarakat bantaran sungai <br>Musi di daerah Ilir Palembang tahun 1900-1960, yaitu; nilai ekonomi, nilai modernitas, <br>nilai kearifan lokal dan nilai keberagaman.</p>2024-03-28T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN IPS "Transformasi Pendidikan IPS Menyongsong Era Society 5.0" Diselenggarakan Oleh Universitas PGRI Palembanghttps://semnas.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosidingips/article/view/369Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Sejarah di Masa Pandemi Covid-19 2024-03-23T03:22:01+00:00Rianko Luturmastriana_rizq@staff.uns.ac.idDjonobudiutomo@univpgri-palembang.ac.idTriana Rejekiningsihbudiutomo@univpgri-palembang.ac.id<p>Pendidikan karakter adalah upaya mewujudkan generasi bangsa yang cerdas dan baik atau<br>memiliki ahlak mulia dan berkepribadian Indonesia. Keberhasilan Pendidikan karakter<br>mengisyaratkan pembelajaran tidak serta merta dilihat dari pesepektif ranah kognitif saja<br>melainkan bagaimana keseimbangan ranah kognitif, afektif, dan psikomotor yang muaranya<br>adalah mewujudkan manusia seutuhnya. Kondisi pandemik Covid-19 saat ini menjadi<br>tantangan bagi dunia pendidikan khususnya pendidikan formal dalam upaya pendidikan<br>karakter bangsadi SMA Negeri 15 Kabupaten Kepulauan Tanimbar. Pembelajaran dominan<br>tidak dilakukan dengan tatap muka sehingga menjadi tantangan guru dalam proses<br>pendidikan karakter tersebut. Dengan demikian tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui<br>bagaimana penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran pada masa pandemi covid-19.<br>Penelitian ini bersifat kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah<br>dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan implementasi pendidikan karakter selama<br>masa pandemi COVID-19 membutuhkan sinergitas antara lingkungan keluarga, sekolah dan<br>masyarakat. Dengan demikian, penting lingkungan peserta didik mendukung pengembangan<br>pendidikan karakter di SMA Negeri 15 Kabupaten Kepulauan Tanimbar.</p>2024-03-28T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN IPS "Transformasi Pendidikan IPS Menyongsong Era Society 5.0" Diselenggarakan Oleh Universitas PGRI Palembanghttps://semnas.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosidingips/article/view/409Pengaruh Pemanfaatan Aplikasi Kahoot Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi 2024-04-17T05:03:59+00:00Ni Nyoman Kartika Sarininyomankartikasari@g.mail.comZahruddin Hodsayninyomankartikasari@g.mail.comJanuardi Januardijanuardibkl@gmail.com<p>Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan aplikasi kahoot terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 11 Palembang. Metode yang digunakan adalah ekperimen bentuk True Eksperimental Design dengan posttest- only-control design. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 11 Palembang dengan jumlah sampel 74 siswa yang terdiri dari kelas XI IPS 1 sebagai kelas ekperimen dan kelas XI IPS 7 sebagai kelas kontrol. Teknik Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan tes. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dengan rata-rata sebesar 77,70 dan hasil belajar siswa pada kelas kontrol rata-rata sebesar 62,43. Berdasarkan Uji ttes, diperoleh nilai thitung = 7,05 > ttabel = 1,993 maka tolak Ho dan terima Ha dengan besar pengaruh 40,8% sedangkan sisanya 59,2% dipengaruhi faktor lain. Berdasarkan hasil tersebut berarti ada pengaruh pemanfaatan aplikasi kahoot terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 11 Palembang.</p>2024-04-17T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN IPS "Transformasi Pendidikan IPS Menyongsong Era Society 5.0" Diselenggarakan Oleh Universitas PGRI Palembanghttps://semnas.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosidingips/article/view/387Pengaruh Upah Terhadap Tingkat Kepuasan Kerja Buruh Pada PT.Sawit Mas Sejahtera (SMS)2024-03-25T05:38:17+00:00Gita Desty Trisniagitadestytrisnia@gmail.comZahruddin Hodsaygitadestytrisnia@gmail.comDiana Widhi Rachmawatigitadestytrisnia@gmail.com<p>Tujuan pengkajian ini ialah untuk mencari tahu adakah Pengaruh Upah Terhadap Tingkat<br>Kepuasan Kerja Buruh Pada PT. Sawit Mas Sejahtera (SMS) yang populasi nya <br>berjumlah 30 orang. Metode pengambilan sampel pada pengkajian ini yaitu menggunakan <br>metode sampling jenuh yang artinya seluruh jumlah populasi dijadikan sampel. Metode<br>pengumpulan data yang dipakai ialah dokumentasi dan kuesioner (angket). Teknik <br>analisis data yang diterapkan ialah uji normalitas, regresi linear sederhana dan analisis <br>determinasi dengan bantuan SPSS for windows. Hasil pengkajian menunjukkan bahwa <br>ada pengaruh yang signifikan pada variabel Upah terhadap Tingkat Kepuasan Kerja Buruh<br>Pada PT. SawitMas Sejahtera (SMS). Hal ini bisa dilihat pada hasil analisis determinasi <br>variabel upah (x) terhadap variabel kepuasan kerja (y) yaitu sebesar 0,00271.</p>2024-03-28T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN IPS "Transformasi Pendidikan IPS Menyongsong Era Society 5.0" Diselenggarakan Oleh Universitas PGRI Palembanghttps://semnas.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosidingips/article/view/367Sejarah Permukiman Suku Bugis ( 1978 -2000 ) di Desa SumberjKabupaten Banyuasin Sebagai Sumber Belajar Sejarah 2024-03-23T02:51:49+00:00Fera Febriyantiw445436@gmail.comDina Sri Nindiatibudiutomo@univpgri-palembang.ac.idAhmad Zamharibudiutomo@univpgri-palembang.ac.id<p>Permukiman merupakan fenomena geosfer, yaitu hubungan manusia (human <br>oriented) sebagai subjek dalam pembangunan sebuah kawasan permukiman. Desa<br>Sumberjaya merupakan kawansan pemukiman dari adanya transmigrasi dari suku bugis<br>sulawesi selatan tahun 1978 dimana mempunyai corak atau ciri dalam system<br>perekonominya dan penataan wilayah, dimana desa Sumberjaya sebagai daerah penghasil<br>kelapa terbesar di wilayah Sumatra Selatan khususnya Palembang dan dalam pemukiman<br>dilakukan system ber kelompok, yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana sejarah<br>permukiman Suku Bugis di Sumberjaya Kabupaten Banyuasin yang dapat digunakan<br>sebagai sumber pembelajaran sejarah lokal. Metode penelitian ini menggunakan metode<br>deskriptif kualitatif, dan tekhnik pengumpulan data menggunakan data lapangan seperti<br>dokumentasi, observasi wawancara. Tehnik analisis data dengan pengajian data dan<br>penarikan kesimpulan. Dengan hasil penelitian dapat di simpulkan bahwasannya sejarah<br>permukiman Suku Bugis yang terkandung yang bermanfaat dan berguna bagi arsipan<br>sejarah lokal.</p>2024-03-28T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN IPS "Transformasi Pendidikan IPS Menyongsong Era Society 5.0" Diselenggarakan Oleh Universitas PGRI Palembanghttps://semnas.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosidingips/article/view/407Analisis Kinerja Keuangan Pada Koperasi Kredit Pansos Setia Kawan Di Desa Purwodadi Kecamatan Muara Padang Kabupaten Banyuasin 2024-03-26T07:11:24+00:00Ahmad Khoiribudiutomo@univpgri-palembang.ac.idChandra Kurniawanbudiutomo@univpgri-palembang.ac.idZahruddin Hodsaybudiutomo@univpgri-palembang.ac.id<p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja keuangan pada Koperasi Kredit Pansos <br>Setia Kawan di Desa Purwodadi Kecamatan Muara Padang Kabupaten Banyuasin. Metode yang<br>digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik analisis data menggunakan<br>Peraturan Deputi Bidang Pengawasan KUKM RI Nomor. 06/Per/Dep.IV/2016. Maka, hasil<br>penelitian kinerja keuangan Koperasi Kredit selama Tahun 2019-2021 ditinjau dari aspek<br>permodalan selama Tahun 2019 sampai 2021 memperoleh skor rata-rata 15,00 dengan predikat<br>(sehat). Aspek kualitas aktiva produktif skor rata-rata 16,83 predikat (cukup sehat). Aspek<br>manajemen skor rata-rata 15,00 predikat (sehat). Aspek efesiensi dengan skor rata-rata 7,00 dengan<br>predikat (cukup sehat). Aspek likuiditas dengan skor rata-rata 5,00 dengan predikat (dalam<br>pengawasan khusus). Aspek kemandirian dan pertumbuhan memperoleh skor rata-rata 6,50 dengan<br>predikat (dalam pengawasan). Adapun aspek jatidiri mendapat skor rata-rata 10,00 dalam predikat<br>(sehat). Sehingga dapat dikatakan kinerja keuangan Koperasi Kredit Pansos Setia Kawan selama<br>Tahun 2019-2021 mengalami penurunan kinerja dengan rata-rata 75,33 predikat cukup sehat.</p>2024-03-28T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN IPS "Transformasi Pendidikan IPS Menyongsong Era Society 5.0" Diselenggarakan Oleh Universitas PGRI Palembanghttps://semnas.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosidingips/article/view/385Dampak Penambangan Pasir Terhadap Ekonomi dan Lingkungan Masyarakat Berbasis Gis di Teluk Lubuk Kecamatan Belimbing 2024-03-23T05:37:55+00:00Nurul Fitrianibudiutomo@univpgri-palembang.ac.idSukmaniarbudiutomo@univpgri-palembang.ac.idGiyantobudiutomo@univpgri-palembang.ac.id<p>Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dampak penambangan pasir terhadap ekonomi<br>dan lingkungan masyarakat berbasis GIS di desa Teluk Lubuk kecamatan Belimbing.<br>Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif penelitian survei.<br>Teknik pengumpulan data penelitian melalui observasi, kuesioner (angket) dan dokumentasi.<br>Hasil penelitian menunjukkan bahwa para pekerja penambangan pasir cukup banyak,<br>dimana masyarakat melihat dari usia yang sudah produktif dan pendapatan yang memadai<br>dalam menunjang perekonomian masyarakat; hasil instrumen angket bahwa dapat dilihat<br>dari peta dampak penambangan pasir terhadap ekonomi, dimana pendapatan pekerja<br>setiap tahunnya naik sehingga dapat menunjang perekonomian masyarakat. Titik arah aliran<br>air terbanyak yaitu 17 arah aliran ke sebelah timur yang menyebar keseluruh arah<br>permukiman, sungai, jalan, danau, ladang, sawah dan kebun karet disekeliling titik<br>penambangan pasir dan dampak lingkungan penambangan pasir menyebabkan terjadinya<br>pelebaran sungai, menurunnya kualitas air sungai serta pencemaran air sungai sehingga air<br>menjadi keruh.</p>2024-03-28T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN IPS "Transformasi Pendidikan IPS Menyongsong Era Society 5.0" Diselenggarakan Oleh Universitas PGRI Palembanghttps://semnas.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosidingips/article/view/363Problematika Belajar Mahasiswa Universitas Mulawarman di Masa Covid-19 2024-03-23T01:54:40+00:00Aisyah Trees Sandyvitria.puri@fkip.unmul.ac.idVitria Puri Rahayubudiutomo@univpgri-palembang.ac.id<p>Pandemi Covid-19 memaksa Universitas Mulawarman untuk melakukan kegiatan belajar<br>mengajar berbasis daring yang memunculkan tantangan baru. Tujuan penelitian ini untuk<br>mengetahui problematika belajar mahasiswa Universitas Mulawarman di masa Covid-19.<br>Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan metode pengambilan<br>sampel informan dengan metode purposive sampling. Teknik analisis yang dilakukan pada<br>penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kategorisasi. Hasil penelitian<br>menunjukkan bahwa 77% mahasiswa UNMUL mengalami kendala kegiatan pembelajaran<br>di masa Covid-19. Problematika belajar mahasiswa berasal dari faktor internal dan<br>eksternal mahasiswa. Problematika dari faktor eksternal yaitu 90% terkendala jaringan,<br>sehingga menyebabkan 88.8% mahasiswa kurang memahami materi perkuliahan dan<br>jumlah tugas dari dosen semkain bertambah. Problematika internal yang dihadapi<br>mahasiswa yaitu 80.4% mahasiswa tidak menyukai pembelajaran daring karena sulit<br>memahami. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu problematika belajar mahasiswa<br>Universitas Mulawarman di masa Covid-19 sebagian besar dipengaruhi faktor eksternal<br>sehingga berpengaruh terhadap internal mahasiswa.</p>2024-03-28T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN IPS "Transformasi Pendidikan IPS Menyongsong Era Society 5.0" Diselenggarakan Oleh Universitas PGRI Palembanghttps://semnas.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosidingips/article/view/405Studi Deskriptif Macromedia Flash Mata Pelajaran Simulasi Dan Komunikasi Digital di SMK 2024-03-26T06:54:30+00:00Irwantonidakhairiyah80@gmail.comBagusbudiutomo@univpgri-palembang.ac.idJuanda Mitra Situmeangbudiutomo@univpgri-palembang.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk studi deskriptif macromedia flash untuk subjek simulasi dan<br>komunikasi digital di SMK. Dalam mengembangkan media pembelajaran melalui software<br>program Macromedia Flash pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital. Untuk menguji<br>kelayakan media yang dikembangkan melalui ahli media, ahli materi, ahli bahasa dan tanggapan<br>peserta didik terhadap media pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah studi pustaka, dimana<br>pencarian data dari berbagai referensi buku, jurnal atau hasil penelitian lainnya. Hasil penelitian<br>yang diperoleh meliputi media pembelajaran berbasis Macromedia Flash, serta hasil penilaian<br>ahli media pembelajaran berdasarkan hasil angket ahli media, ahli materi dan ahli bahasa media<br>pembelajaran yang dikembangkan dengan 2 tahap validasi. Instrumen yang digunakan dalam<br>penelitian ini adalah penggunaan angket untuk mengungkapkan respon siswa terhadap<br>pembelajaran menggunakan media komputer dengan Macromedia Flash. Dengan hasil tersebut,<br>disimpulkan bahwa dengan media ini kejelasan deskripsi materi, kedalaman materi dan ketepatan<br>isi materi semakin jelas.</p>2024-03-28T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN IPS "Transformasi Pendidikan IPS Menyongsong Era Society 5.0" Diselenggarakan Oleh Universitas PGRI Palembanghttps://semnas.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosidingips/article/view/383Pencitraan Budaya Politik Dalam Motif Tenun Songket Palembang Abad Ke18-19 Masehi2024-03-23T05:22:52+00:00Annisa Putri Ramadhanti budiutomo@univpgri-palembang.ac.idMuhamad Idrisbudiutomo@univpgri-palembang.ac.idAhmad Zamharibudiutomo@univpgri-palembang.ac.id<p>Kain songket adalah kain mewah yang aslinya memerlukan sejumlah emas asli untuk dijadikan<br>benang emas, kemudian menjadi kain cantik. Songket merupakan kain tradisional buatan tangan<br>berupa kain panjang dengan menggunakan benang emas, perak, sutra beraneka warna. Pada<br>masyarakat Palembang zaman dahulu, kain songket hanya digunakan oleh para bangsawan dan<br>keluarga ningrat. Kain tenun ini merupakan kerajinan hasil kreasi seni budaya yang harus<br>dipertahankan kelestariannya. Pengaruh beberapa budaya yang ada membuat suatu kesenian<br>dinamakan dengan menenun dan hasil menenun ini dinamakan songket. Kain songket sendiri<br>adalah kain ciri khas dari Palembang yang didalam motifnya menggambarkan makna-makna<br>tersendiri dan berbeda, serta memiliki beberapa macam jenis motif kain songket Palembang.<br>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pencitraan Budaya Politik dalam Tenun Songket<br>Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data<br>dilakukan dengan dimulai dari dokumentasi, wawancara, dan observasi. Hasil dari penelitian ini<br>disimpulkan bahwa Pencitraan Budaya Politik yang tergambar dalam kain tenun songket ialah<br>menggambarkan adanya pengaruh budaya asing yang ada di Palembang untuk membuat<br>keanekaragaman budaya baik dari segi motif hingga jenis kain yang ditenun dan benang emas<br>digunakan.</p>2024-03-28T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN IPS "Transformasi Pendidikan IPS Menyongsong Era Society 5.0" Diselenggarakan Oleh Universitas PGRI Palembanghttps://semnas.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosidingips/article/view/403Nilai-Nilai Pedagogik dan Toleransi Beragama yang Terkandung Pada Candi Ki Gede Ing Suro Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah 2024-03-26T06:33:45+00:00Nida Khairiyahnidakhairiyah80@gmail.comKabib Sholeh nidakhairiyah80@gmail.comWidyanidakhairiyah80@gmail.comRisma Wardaninidakhairiyah80@gmail.com<p>Kompleks makam Ki Gede Ing Suro merupakan tempat pemakaman dari keluarga Ki Gede <br>Ing Suro, bangsawan pengikut Arya Penangsang yang lari ke Palembang. Permasalahan dalam<br>penelitian ini adalah Bagaimana nilai-nilai pedagogik dan toleransi beragama yang<br>terkandung pada Candi Ki Gede Ing Suro yang dapat dijadikan sebagai sumber pembelajaran<br>sejarah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui nilai pedagogik dan toleransi beragama<br>pada Candi Ki Gede Ing Suro. Metodologi yang digunakan dalam penelitian adalah metode<br>deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara,<br>dokumentasi dan studi pustaka. Hasil penelitian adalah nilai sejarah yang dimiliki situs makam<br>Ki Gede Ing Suro pada masa Hindu-Budha dan Islam memiliki nilai-nilai pedagogik dan<br>toleransi beragama yang terkandung pada Candi Ki Gede Ing Suro. Dengan dijadikan Candi<br>Ki Gede Ing Suro sebagai sumber pembelajaran sejarah, maka akan membantu perkembangan<br>pembelajaran pada siswa. Nilai-nilai yang terkandung pada candi Ki Gede Ing Suro yaitu nilai<br>pedagogik dan toleransi beragama pada masa Hindu-Budha dan Islam.</p>2024-03-28T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN IPS "Transformasi Pendidikan IPS Menyongsong Era Society 5.0" Diselenggarakan Oleh Universitas PGRI Palembanghttps://semnas.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosidingips/article/view/381Mendobrak Sejarah Alun-Alun Surabaya 2024-03-23T05:09:30+00:00Rohmabudiutomo@univpgri-palembang.ac.idTunurus Asholihabudiutomo@univpgri-palembang.ac.id<p>Tanah lapang yang luas di muka keraton atau di depan tempat kediaman resmi bupati yang <br>kerap kita dengar sebagai alun-alun. Alun-alun merupakan lapangan rumput luas yang<br>dikelilingi jalan raya dan dapat digunakan untuk berbagai kegiatan masyarakat. Menurut<br>sejarahnya alun-alun surabaya terletak di kawasan tugu pahlawan. Pembangunan Masjid<br>Alun Alun pada 1848 ini diketahui dari berita surat kabar Soerabajasch Handelsblad<br>tanggal 18 Juli 1934. Akan tetapi alun-alun surabaya saat ini khalayak ketahui berada di<br>kawasan balai pemuda yang terletak di pusat kota surabaya. Rendahnya kesadaran akan<br>pentingnya sejarah menjadi beban berat bagi sejarahwan untuk melestarikan sebuah<br>wilayah bersejarah tersebut. Maka dari itulah kemudian penelitian ini memfokuskan pada<br>kajian faktor-faktor penyebab beralihnya alun-alun surabaya dari kawasan tugu pahlawan<br>ke kawasan balai pemuda yang berada di pusat kota. Metode yang digunakan adalah<br>deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan purposive sampling. Hasilnya adalah<br>ada beberapa faktor penyebab pemindahan fungsi alun-alun di kota surabaya diantaranya<br>karena ada proyek pembangunan gedung negara, alih fungsi bangunan cagar budaya, dan<br>pengaruh pemerintahan. Sehingga terealisasinya pemindahan alun-alun surabaya.</p>2024-03-28T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN IPS "Transformasi Pendidikan IPS Menyongsong Era Society 5.0" Diselenggarakan Oleh Universitas PGRI Palembanghttps://semnas.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosidingips/article/view/401Relevansi Temuan Struktur Batu Bata Peninggalan Kuno dengan SitusSitus di Kawasan Kecamatan 1 Ilir Palembang sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah 2024-03-26T06:14:41+00:00Tita Lara Mercilinahabibsholeh978@gmail.comKabib Sholehhabibsholeh978@gmail.comAan Suriadihabibsholeh978@gmail.comRisma Wardanihabibsholeh978@gmail.comWidya Wardanihabibsholeh978@gmail.com<p>Abstrak <br>Palembang sebuah situs kota (urban Site) memiliki peninggalan sejarah dan budaya nilai<br>arsitektur tinggi sebagai produk peradaban. Hasil penelitian menunjukan Palembang<br>merupakan pemukiman yang berkesinambungan, yakini ditemukan struktur batu bata kuno di<br>kecamatan 1 ilir. Tujuan penelitian untuk menganalisis dan mengetahui relevansi temuan<br>struktur batu bata peninggalan kuno dengan situs-situs di kawasan kecamatan 1 Ilir<br>Palembang sebagai sumber pembelajaran sejarah. Metode penelitian yang digunakan metode<br>deskriptif kualitatif, Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara,<br>dokumentasi dan kajian literatur. Untuk teknik analisis data menggunakan disriptif<br>kualitataif. Hasil penelitian menunjukan bahwa temuan struktur batu bata di kecamatan 1 ilir<br>memiliki suatu relevansi atau hubungan dalam bentuk keagamaan dan kebudayaan kehidupan<br>pada masa itu, dilihat dari letak ditemukan batu bata tersebut yang berdekatan dengan situs<br>peninggalan kuno makam gedeingsuro, keraton kuto gawang, prasasti siddhayatra atau<br>peninggalan masa Sriwijaya yang memiliki nilai sejarah kelokalan kota Palembang maupun<br>kebudayaan dapat digunakan sumber pembelajaran sejarah.</p>2024-03-28T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN IPS "Transformasi Pendidikan IPS Menyongsong Era Society 5.0" Diselenggarakan Oleh Universitas PGRI Palembanghttps://semnas.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosidingips/article/view/379Pencitraan Budaya Politik Dalam Motif Tenun Songket Palembang Abad Ke-18-19 Masehi 2024-03-23T04:52:41+00:00Annisa Putri Ramadhantibudiutomo@univpgri-palembang.ac.idMuhamad Idrisbudiutomo@univpgri-palembang.ac.idAhmad Zamharibudiutomo@univpgri-palembang.ac.id<p>Kain songket adalah kain mewah yang aslinya memerlukan sejumlah emas asli untuk<br>dijadikan benang emas, kemudian menjadi kain cantik. Songket merupakan kain tradisional<br>buatan tangan berupa kain panjang dengan menggunakan benang emas, perak, sutra beraneka<br>warna. Pada masyarakat Palembang zaman dahulu, kain songket hanya digunakan oleh para<br>bangsawan dan keluarga ningrat. Kain tenun ini merupakan kerajinan hasil kreasi seni budaya<br>yang harus dipertahankan kelestariannya. Pengaruh beberapa budaya yang ada membuat suatu<br>kesenian dinamakan dengan menenun dan hasil menenun ini dinamakan songket. Kain<br>songket sendiri adalah kain ciri khas dari Palembang yang didalam motifnya menggambarkan<br>makna-makna tersendiri dan berbeda, serta memiliki beberapa macam jenis motif kain songket<br>Palembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pencitraan Budaya Politik dalam<br>Tenun Songket Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.<br>Pengumpulan data dilakukan dengan dimulai dari dokumentasi, wawancara, dan observasi.<br>Hasil dari penelitian ini disimpulkan bahwa Pencitraan Budaya Politik yang tergambar dalam<br>kain tenun songket ialah menggambarkan adanya pengaruh budaya asing yang ada di<br>Palembang untuk membuat keanekaragaman budaya baik dari segi motif hingga jenis kain<br>yang ditenun dan benang emas digunakan.</p>2024-03-28T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN IPS "Transformasi Pendidikan IPS Menyongsong Era Society 5.0" Diselenggarakan Oleh Universitas PGRI Palembanghttps://semnas.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosidingips/article/view/399Pengaruh Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Di Sma Negeri 8 Palembang2024-03-25T08:02:25+00:00Elyana Striyantistriyanelyana@gmail.comZahruddin Hodsaystriyanelyana@gmail.comRiswan Aradeastriyanelyana@gmail.com<p>Pembelajaran daring merupakan kerangka pembelajaran tatap muka yang dilakukan di <br>tengah pandemi Covid-19 atau belajar dari rumah menggunakan PC atau ponsel android <br>yang terhubung dengan organisasi web. Hal ini memberikan pengaruh kepada siswa-siswi <br>dalam melakukaan kegiatan belajar, sehingga munculah beberapa kesulitan diantaranya, <br>kurangnya pemahaman terhadap materi yang disampaikan, kesulitan dalam menerima <br>pelajaran sehingga menimbulkan kesulitan dalam mengerjakan tugas yang dibebankan. <br>Tujuan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penggunaan internet pada masa <br>pandemi Covid-19 terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 8 Palembang. Teknik <br>pengumpulan informasi yang digunakan adalah dokumentasi dan angket. Hasil dari <br>penelitian ini menunjukan rata-rata nilai pembelajaran daring sebesar 83,35% dalam kategori <br>baik. Statistik uji yang digunakan adalah thitung dinyatakan thitung > ttabel atau 4,905 > 1,668 <br>maka Ha diterima dengan besar pengaruh yaitu 26,42% sedangkan sisanya sebesar 73,58% <br>yang tidak diteliti.</p>2024-03-28T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN IPS "Transformasi Pendidikan IPS Menyongsong Era Society 5.0" Diselenggarakan Oleh Universitas PGRI Palembanghttps://semnas.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosidingips/article/view/377Rintangan Geografi Indonesia Menyonsong Era Society 5.0 2024-03-23T04:32:44+00:00Nofirman Nofirmanbudiutomo@univpgri-palembang.ac.id<p>Menerapkan pembangunan berkelanjutan berarti mengakui kegiatan pembangunan sebagai<br>upaya menyeimbangkan kebutuhan yang berbeda, dan seringkali bersaing, dengan<br>kesadaran akan keterbatasan lingkungan, sosial dan ekonomi yang kita alami sebagai<br>masyarakat. Konsep Society 5.0 yang dikembangkan Jepang sebagai desain pembangunan<br>manusia dan sosial dengan menghormati keberlanjutan Visi Society 5.0. Penelitian ini<br>dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif ditelusuri melalui database<br>referensi internasional, seperti Scopus, Web of Knowledge, dan google cendekia serta<br>repositori institusionalHasil penelitian yang diperoleh berupa; (a) perbedaan konten<br>geografi SMA K-13 Indonesia dengan konten geografi negara anggota EUROGEO dan<br>IGU; (b) keterbatasan partisipasi geografer Indonesia; (c) kondisi lapangan kerja penduduk<br>Indonesia bersifat tradisional (petani 29,96% dari 135.611.895 penduduk 15 tahun ke atas).<br>Tingkat pendidikan penduduk terbanyak berada antara Tidak/belum pernah sekolah,<br>Tidak/belum tamat SD, Tamat SD, SLTP, SLTA Umum, dan SLTA Kejuruan dengan<br>jumlah 89% dari 208.544.086 angkatan kerja berumur 15 tahun ke atas. </p>2024-03-28T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN IPS "Transformasi Pendidikan IPS Menyongsong Era Society 5.0" Diselenggarakan Oleh Universitas PGRI Palembanghttps://semnas.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosidingips/article/view/397Atribut Pakaian Pada Arca Klasik Hindu-Budha Sebagai Simbol Akulturasi Kebudayaan2024-03-25T07:39:18+00:00Muhamad Idrisidrismuhamad1970@gmail.comRichard Saputraidrismuhamad1970@gmail.comGema Tahta Anugrahidrismuhamad1970@gmail.comArghani Abdul Faqihidrismuhamad1970@gmail.com<p>Masa klasik Hindu-Budha di Nusantara dimulai sejak masyarakat Nusantara mengenal <br>dan berinteraksi dengan kebudayaan India. Proses penyerapan, meniru dan <br>mengembangkan kebudayaan India berbasis kebudayaan lokal dilakukan oleh <br>masyarakat Nusantara sejak awal abad Masehi. Munculnya pusat peradaban baru di <br>Kutai Kalimantan Timur, Tarumanegara di Jawa Barat, Sriwijaya di Palembang, Kaling <br>di Jawa Tengah. Proses penyerapan, meniru dan mengembangkan kebudayaan India <br>dilakukan dengan mengadopsi huruf dan tulisan Palawa dan bahasa Sansekerta. Selain <br>tulisan sebagai penanda, masyarakat kala itu juga mengadopsi system kepercayaan. <br>Dewa-dewi dengan segala atributnya menjadi bagian persilangan kebudayaan tersebut. <br>Arca dewa-dewi dengan atributnya, menarik untuk dikaji karena mencitrakan budaya <br>pada zamannya. Dengan metodologi deskriptif kualitatif peneliti menjawab <br>permasalahan bentuk akulturasi budaya pada arca dewa-dewi masa klasik Hindu-Budha. <br>Simpulan penelitian ini: arca sebagai simbolik tokoh, dewa-dewi menggunakan atribut <br>kedewaan bergaya India namun disesuaikan dengan kultur Nusantara. Seperti mahkota, <br>perhiasan, unsur penunjang ketokohan.</p>2024-03-28T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN IPS "Transformasi Pendidikan IPS Menyongsong Era Society 5.0" Diselenggarakan Oleh Universitas PGRI Palembanghttps://semnas.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosidingips/article/view/374Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Mata Pelajaran IPS Melalui Media Diorama 2024-03-23T04:15:14+00:00Intan Cempaka Wulansari budiutomo@univpgri-palembang.ac.idSusilawatibudiutomo@univpgri-palembang.ac.idIta Rustiati Ridwanbudiutomo@univpgri-palembang.ac.id<p>Berpikir kreatif merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki anak, kehadiran<br>pengetahuan sosial disusun agar siswa mampu merefleksikan dan membangunnya karena<br>nantinya kehidupan masyarakat akan dinamis dan selalu berkembang. Fokus penelitian ini<br>adalah penerapan media Diorama pada siswa kelas IV SDN Lontar Baru saat pembelajaran<br>IPS sebagai upaya meningkatkan kemampuan berpikir kreatifnya. Desain Penelitian<br>Tindakan Kelas diambil oleh peneliti sebagai metode. Kemudian dari hasil observasi yang<br>dilakukan terhadap siswa, hampir semua siswa sudah mengikuti pembelajaran dengan<br>sangat baik, bahkan dapat dikatakan mengalami peningkatan dari sebelumnya pada siklus 2<br>telah terjadi kenaikan nilai post test anak yaitu siklus 2 memperoleh skor total 91.<br>Berdasarkan hal tersebut dapat dijelaskan bahwa penelitian telah berhasil.</p>2024-03-28T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN IPS "Transformasi Pendidikan IPS Menyongsong Era Society 5.0" Diselenggarakan Oleh Universitas PGRI Palembanghttps://semnas.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosidingips/article/view/395Kehidupan Masyarakat Tepian Sungai Musi Ulu Palembang 1900- 1965 sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah Lokal2024-03-25T07:20:11+00:00Rifta Indasarihabibsholeh978@gmail.comSukardihabibsholeh978@gmail.comKabib Sholehhabibsholeh978@gmail.com<p>Sejarah lokal Palembang merupakan warisan budaya yang dimiliki oleh Kota Palembang yang <br>harus dilestarikan dengan mengenalkan siswa melalui mata pelajaran sejarah lokal di sekolah. <br>Hal ini dilakukan agar sejarah lokal di Palembang tidak hilang ditelan perkembangan zaman. <br>Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pola hidup masyarakat di tepi Sungai <br>Musi Ulu Palembang tahun 1900-1965 sehingga dapat dijadikan sumber belajar sejarah lokal. <br>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana kehidupan masyarakat <br>di tepi Sungai Musi Ulu Palembang pada tahun 1900-1965. Penelitian ini menggunakan <br>metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, <br>dokumentasi, wawancara dan studi pustaka. Ada tiga tahapan teknik analisis data yang <br>dilakukan dalam penelitian ini, yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil <br>penelitian dan diskusi menunjukkan bahwa kehidupan masyarakat di tepi Sungai Musi Ulu <br>Palembang pada tahun 1900-1965 masih belum semaju sekarang, namun seiring berjalannya <br>waktu dan kebijakan penjajah membuat wilayah tersebut mampu berkembang dan bersaing<br>dengan wilayah Ilir Palembang.</p>2024-03-28T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN IPS "Transformasi Pendidikan IPS Menyongsong Era Society 5.0" Diselenggarakan Oleh Universitas PGRI Palembanghttps://semnas.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosidingips/article/view/372Usaha-Usaha Zending Dalam Proses Pengadaban Orang Papua 1855-1962 2024-03-23T03:52:55+00:00Albert Rumbekwan megiridhaloppies91@gmail.comMegiridha Loppiesbudiutomo@univpgri-palembang.ac.id<p>Artikel ini mengkaji usaha-usaha Zending Belanda dan Jerman dalam bidang Pendidikan<br>untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia Papua. Kehadiran Zending di Papua tahun<br>1855-1962, memiliki tiga program prioritas yakni; Teologi, Pendidikan, dan Kesehatan.<br>Ketiga bidang ini berjalan seiring dalam pekerjaan para Zending di Papua. Namun dalam<br>perkembangannya, kurang lebih setengah abad (50 tahun), proses pekabaran injil yang<br>menjadi tugas utama misi Zending mengalami hambatan dan hampir gagal. Tujuan dari<br>penelitian ini adalah untuk mengetahuai dan mendeskripsikan peran dan usaha-usaha<br>Zending Belanda dan Jerman dalam bidang Pendidikan sebagai proses pengadaban orang<br>Papua. Penelitian ini menggunakan metode sejarah yang terdiri dari: Heuristik, Kritik<br>Sumber, Interpretasi dan Historiografi. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa masa<br>depan orang Papua hanya dapat terjadi melalui pendidikan. Oleh karena itu Zending<br>memulai pendidikan formalnya khusus bagi orang Papua di wilayah kerjanya. Kesimpulan<br>Keberhasilan Zending mencerdaskan orang Papua, tak lepas dari sistem dan manajemen<br>pendidikan yang diterapkan dan dikontekstualisasi dalam budaya Papua serta disiplin. </p>2024-03-28T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN IPS "Transformasi Pendidikan IPS Menyongsong Era Society 5.0" Diselenggarakan Oleh Universitas PGRI Palembanghttps://semnas.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosidingips/article/view/388Nilai Edukasi Prasasti Telaga Batu2024-03-25T05:50:41+00:00Muhamad Idrisidrismuhamad1970@gmail.comM. Jimmyidrismuhamad1970@gmail.comJuliyantiidrismuhamad1970@gmail.com<p>Prasasti Telaga Batu merupakan peraturan hukum yang pertama yang dikenal dibuat <br>pada masa Sriwijaya. Prasasti Telaga Batu memiliki nilai penting dalam perjalan sejarah <br>kerajaan klasik Hindu-Budha di Nusantara. Permasalahan penelitian yang akan dijawab <br>dengan metode deskriptif kualitatif adalah: nilai edukasi apa saja yang dikandung <br>prasasti Telaga Batu yang dapat diwariskan pada generasi muda dan urgensinya pada <br>perjalanan sejarah Indonesia. Hasil penelitian: sebagai sebuah kerajaan klasik Hindu <br>Budha di Nusantara mewariskan nilai edukasi lintas zaman sampai kekarang. Nilai <br>edukasi tersebut ternyata masih relevan sampai sekarang</p>2024-03-28T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN IPS "Transformasi Pendidikan IPS Menyongsong Era Society 5.0" Diselenggarakan Oleh Universitas PGRI Palembang