Pengaruh Pemanfaatan Aplikasi Kahoot Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi

Authors

  • Ni Nyoman Kartika Sari Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Zahruddin Hodsay Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Januardi Januardi Pendidikan Akuntansi, Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Palembang

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan aplikasi kahoot terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 11 Palembang. Metode yang digunakan adalah ekperimen bentuk True Eksperimental Design dengan posttest- only-control design. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 11 Palembang dengan jumlah sampel 74 siswa yang terdiri dari kelas XI IPS 1 sebagai kelas ekperimen dan kelas XI IPS 7 sebagai kelas kontrol. Teknik Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan tes. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dengan rata-rata sebesar 77,70 dan hasil belajar siswa pada kelas kontrol rata-rata sebesar 62,43. Berdasarkan Uji ttes, diperoleh nilai thitung = 7,05 > ttabel = 1,993 maka tolak Ho dan terima Ha dengan besar pengaruh 40,8% sedangkan sisanya 59,2% dipengaruhi faktor lain. Berdasarkan hasil tersebut berarti ada pengaruh pemanfaatan aplikasi kahoot terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 11 Palembang.

Downloads

Published

2024-04-17