PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI SMA NEGERI 1 PULAU RIMAU

Authors

  • Yayuk Mafufah Prodi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI) Palembang)
  • Nina Damayati Prodi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI) Palembang)
  • Eni Heldayani Prodi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI) Palembang)

Keywords:

Kecerdasan Emosional, Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap
prestasi belajar siswa pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri 1 Pulau Rimau. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini mixmethod . Populasi dalam penelitian ini kelas X IPS
sebanyak empat kelas, teknik pengambilan sampel teknik purposive sampling didapat kelas X
IPS 1 yang dijadikan sampel dan sebanyak 27 siswa yang dijadikan sebagai responden. Data
dikumpulakan menggunakan wawancara dan kuesioner kemudian diolah dengan teknik
analisis regresi dummy. Hasil penelitian menemukan bahwa kecerdasan emosional
mempengaruhi prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Pulau Rimau. Rata-rata kecerdasan
emosional siswa 65 dalam kategori B (Baik) dan untuk prestasi 66 dengan predikat B (Baik).
Uji signifikan didapat 0,46<0,50 yang menunjukan ada pengaruh signifikan antara kecerdasan
emosiona dengan prestasi belajar.

Downloads

Published

2024-03-28