Analisis Implementasi Konsep Pembelajaran Akuntansi Kurikulum Merdeka Belajar Pada SMK Di Palembang

Authors

  • Merlin Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Palembangsitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kota Serang-Banten
  • Neta Dian Lestari Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Palembang
  • Erma Yulaini Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Palembang

Keywords:

Implementasi Pembelajaran Akuntansi, Kurikulum Merdeka Belajar

Abstract

Penelitian ini berencana ingin memutuskan tentang pelaksanaan kurikulum merdeka
belajar pada SMK di Palembang tahun pelajaran 2021/2022. Teknik yang dilakukan ialah
teknik deskriptif kualitatif, subjek pada penelitian ialah guru di SMK Negeri 1 Palembang,
SMK PGRI 1 Palembang dan SMK Muhammadiyah 2 Palembang pada pelajaran
akuntansi pada kelas X Akuntansi Keuangan Lembaga (AKL) .Hasil penelitian diperoleh
bahwa tingkat rata-rata jawaban guru 35 Responden pernyataan positif negative sebesar
81,9% dengan kritera Baik, Sedangkan hasil tingkat rata-rata jawaban siswa kelas X AKL
178 responden pernyataan positif negative sebesar 79,2% dengan kriteria Baik. Hal ini
dimaksud dari tanggapan para pendidik dan siswa terhadap pelaksanaan kurikulum
merdeka belajar bahwa hal itu telah dilakukan dengan baik. Dari hasil penelitian ini para
pendidik dan sekolah dapat lebih fokus untuk memahami program pendidikan kurikulum
di indonesia pada masa selanjutnya.

Downloads

Published

2024-03-28