Studi Deskriptif Macromedia Flash Mata Pelajaran Simulasi Dan Komunikasi Digital di SMK
Keywords:
Deskriptif, Media Pembelajaran, Macromedia Flash, Komunikasi DigitalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk studi deskriptif macromedia flash untuk subjek simulasi dan
komunikasi digital di SMK. Dalam mengembangkan media pembelajaran melalui software
program Macromedia Flash pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital. Untuk menguji
kelayakan media yang dikembangkan melalui ahli media, ahli materi, ahli bahasa dan tanggapan
peserta didik terhadap media pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah studi pustaka, dimana
pencarian data dari berbagai referensi buku, jurnal atau hasil penelitian lainnya. Hasil penelitian
yang diperoleh meliputi media pembelajaran berbasis Macromedia Flash, serta hasil penilaian
ahli media pembelajaran berdasarkan hasil angket ahli media, ahli materi dan ahli bahasa media
pembelajaran yang dikembangkan dengan 2 tahap validasi. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini adalah penggunaan angket untuk mengungkapkan respon siswa terhadap
pembelajaran menggunakan media komputer dengan Macromedia Flash. Dengan hasil tersebut,
disimpulkan bahwa dengan media ini kejelasan deskripsi materi, kedalaman materi dan ketepatan
isi materi semakin jelas.