Nilai-Nilai Pedagogik dan Toleransi Beragama yang Terkandung Pada Candi Ki Gede Ing Suro Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah

Authors

  • Nida Khairiyah Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Palembang, Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Kabib Sholeh Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Palembang, Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Widya Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Palembang, Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Risma Wardani Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Palembang, Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta

Keywords:

nilai, pedagoguk, toleransi, pembelajaran

Abstract

Kompleks makam Ki Gede Ing Suro merupakan tempat pemakaman dari keluarga Ki Gede
Ing Suro, bangsawan pengikut Arya Penangsang yang lari ke Palembang. Permasalahan dalam
penelitian ini adalah Bagaimana nilai-nilai pedagogik dan toleransi beragama yang
terkandung pada Candi Ki Gede Ing Suro yang dapat dijadikan sebagai sumber pembelajaran
sejarah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui nilai pedagogik dan toleransi beragama
pada Candi Ki Gede Ing Suro. Metodologi yang digunakan dalam penelitian adalah metode
deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara,
dokumentasi dan studi pustaka. Hasil penelitian adalah nilai sejarah yang dimiliki situs makam
Ki Gede Ing Suro pada masa Hindu-Budha dan Islam memiliki nilai-nilai pedagogik dan
toleransi beragama yang terkandung pada Candi Ki Gede Ing Suro. Dengan dijadikan Candi
Ki Gede Ing Suro sebagai sumber pembelajaran sejarah, maka akan membantu perkembangan
pembelajaran pada siswa. Nilai-nilai yang terkandung pada candi Ki Gede Ing Suro yaitu nilai
pedagogik dan toleransi beragama pada masa Hindu-Budha dan Islam.

Downloads

Published

2024-03-28