Pengaruh Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Di Sma Negeri 8 Palembang

Authors

  • Elyana Striyanti Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas FKIP, Universitas PGRI Palembang
  • Zahruddin Hodsay Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas FKIP, Universitas PGRI Palembang
  • Riswan Aradea Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas FKIP, Universitas PGRI Palembang

Keywords:

Online Learning, Learning Outcomes

Abstract

Pembelajaran daring merupakan kerangka pembelajaran tatap muka yang dilakukan di
tengah pandemi Covid-19 atau belajar dari rumah menggunakan PC atau ponsel android
yang terhubung dengan organisasi web. Hal ini memberikan pengaruh kepada siswa-siswi
dalam melakukaan kegiatan belajar, sehingga munculah beberapa kesulitan diantaranya,
kurangnya pemahaman terhadap materi yang disampaikan, kesulitan dalam menerima
pelajaran sehingga menimbulkan kesulitan dalam mengerjakan tugas yang dibebankan.
Tujuan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penggunaan internet pada masa
pandemi Covid-19 terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 8 Palembang. Teknik
pengumpulan informasi yang digunakan adalah dokumentasi dan angket. Hasil dari
penelitian ini menunjukan rata-rata nilai pembelajaran daring sebesar 83,35% dalam kategori
baik. Statistik uji yang digunakan adalah thitung dinyatakan thitung > ttabel atau 4,905 > 1,668
maka Ha diterima dengan besar pengaruh yaitu 26,42% sedangkan sisanya sebesar 73,58%
yang tidak diteliti.

Downloads

Published

2024-03-28