Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran Ekonomi di MA Al-Hidayah Muara Telang

Authors

  • Isa Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas FKIP, Universitas PGRI
  • Yasir Arafat Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas FKIP, Universitas PGRI
  • Januardi Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas FKIP, Universitas PGRI

Keywords:

Pembelajaran Daring, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Pembelajaran online menjadi salah satu alternatif untuk melakukan kegiatan belajar di
masa pandemi Covid-19 atau di rumah. Wajar saja hal ini mempengaruhi aktivitas belajar
siswa, sehingga tidak dapat diinstruksikan atau memahami materi yang disampaikan,
mungkin memiliki keterbatasan akses jaringan, atau mungkin memiliki keterbatasan tugas,
dan berbagai kesulitan lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
pembelajaran online terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS mata pelajaran Ekonomi di
MA Al-Hidayah Muara Telang. Metode yang digunakan penelitian ini bersifat Expost
facto dan bertujuan untuk mengumpulkan atau mengalikan data dari peristiwa, Hasil
penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran online berpengaruh terhadap hasil belajar
ekonomi siswa pada tabel 4.10 diperoleh nilai defiation from liniearity sig. 0,17 > 0,05
yang berarti koefisien korelasi pembelajaran daring terhadap hasil belajar ekonomi siswa
adalah signifikan dan pembelajaran daring (X) berpengaruh positif terhadap hasil belajar
ekonomi siswa (Y) dengan nilai 0,034.

Downloads

Published

2024-03-28