PePengaruh Model CIPP (Context, Input, Process, Product) Terhadap Hasil Belajar Produk Kreatif Dan Kewirausahaan Siswa di SMK PGRI 1 Palembang

Authors

  • Meri Aprita Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Palembang
  • Neta Dian Lestari Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Palembang
  • Riswan Aradea Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Palembang

Keywords:

Model CIPP (Context,Input,Process,Product) ,Hasil Belajar, Produk kreatif dan kewirausahaan.

Abstract

Penelitian dilakukan untuk mendapat pengaruh model CIPP (context, input, process,
product) terhadap hasil belajar produk kreatif dan kewirausahaan di SMK PGRI 1
Palembang dengan sampel berjumlah 66 siswa yakni kelas XI AKL I dan AKL 2. Pada
penelitian ini ditemukan permasalahan siswa yang kurang mampu dalam menangkap
materi pembelajaran dan berdasarkan pernyataan guru mata pelajaran belum diterapkannya
pembuatan produk. Tujuan penelitian untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan
Model CIPP pada kelas XI AKL Di SMK PGRI 1 Palembang. Metode yang dipakai ialah
metode eksperimen. pengumpulan data dokumentasi,observasi,wawancara dan tes pilihan
ganda. Hasil penelitian t
hitung
>t
tabel
nilai signifikan t
hitung
sebesar 3, 949 t
tabel
0,025(0,2000)
yang menunjukkan adanya pengaruh model CIPP terhadap hasil belajar dan hasil yang
diperoleh model CIPP terhadap hasil belajar sebesar 64,48% sedangkan 35,52%
dipengaruhi oleh variabel lain.

Downloads

Published

2024-03-28