Peristiwa Proklamasi 17 Mei 1949 di Kalimantan Selatan Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah Lokal di SMA

Authors

  • Muhammad Fitri Master Pendidikan Sejarah Pascasarjana Universitas Sebelas Maret
  • Sunardi Master Pendidikan Sejarah Pascasarjana Universitas Sebelas Maret
  • Susanto Master Pendidikan Sejarah Pascasarjana Universitas Sebelas Maret

Keywords:

Pembelajaran Sejarah Lokal, Proklamasi 17 Mei 1949 di Kalimantan Selatan dan Sumber Pembelajaran

Abstract

Sumber pembelajaran sejarah lokal merupakan suatu aktivitas belajar dengan
pemanfaatan suatu fakta sejarah yang ada di suatu wilayah. Salah satunya yakni
peristiwa sejarah lokal Proklamasi 17 Mei 1949 di Kalimantan Selatan. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran sejarah lokal Proklamasi 17 Mei
1949 di SMA. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa guru sejarah melakukan perencanaan dengan cara
menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang berpedoman pada silabus,
prota dan prosem selain itu, guru juga melalukan pelaksanaan pembelajaran dengan
menerapkan pendekatan saintifik. Serta guru juga melaksanakan evaluasi pada
pembelajaran sejarah lokal. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran sejarah Proklamasi 17 Mei 1949 di Kalimantan Selatan sebagai
sumber pembelajaran sejarah lokal di SMA dilaksanakan oleh guru dengan
melakukan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Direkomendasikan kepada
pendidik agar peka dan mampu dalam memanfaatkan potensi fakta sejarah lokal di
daerahnya masing-masing sebagai sumber pembelajaran sejarah di SMA.

Downloads

Published

2024-03-28