Nilai Sejarah Toponimi Anak Sungai Musi di Ilir Timur II Palembang Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah Lokal

Authors

  • Tarisa Wulandari ProgramStudiPendidikanSejarah,FakultasKeguruandanIlmuPendidikan,UniversitasPGRIPalembang
  • Kabib Sholeh ProgramStudiPendidikanSejarah,FakultasKeguruandanIlmuPendidikan,UniversitasPGRIPalembang
  • Ahmad Zamhari ProgramStudiPendidikanSejarah,FakultasKeguruandanIlmuPendidikan,UniversitasPGRIPalembang

Keywords:

Sejarah, Toponimi, Sungai, Pembelajaran

Abstract

Toponimi merupakan penamaan pada suatu tempat seperti penamaan pada jalan, kota, sungai,
dan sebagainya yang memiliki nilai sejarahnya. Masalah dari penelitian ini masyarakat
banyak belum mengetahui tentang sejarah toponimi dari anak sungai Musi di Ilir Timur II
Palembang. Sekolah pun belum ada materi ajar untuk diajarkan oleh guru kepada siswa
sehingga kajian sejarah toponimi anak sungai ini penting untuk diketahui nilai-nilai sejarah
bagi generasi bangsa. Tujuan penelitian untuk mengetahui dan menjelaskan tentang
bagaimana nilai-nilai sejarah toponimi anak Sungai Buah dan Sungai Lawang Kidul sebagai
sumber pembelajaran sejarah lokal. Metode penelitian ini menggunakan metode Deskriptif
Kualitatif yang pengumpulan datanya melalui proses Obsevasi, Wawancara, Dokumentasi
dan kajian literatur, teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil
penelitian dari Toponimi sungai Buah dan sungai Lawang Kidul yang memiliki nilai-nilai
sejarahnya yaitu dalam nilai sejarah toponimi di bidang ekonomi, politik, sosial-budaya dan
agama yang nantinya akan dijadikan sebagai sumber pembelajaran Sejarah Lokal di
Palembang.

Downloads

Published

2024-03-28