Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Mata Pelajaran IPS Melalui Media Diorama
Keywords:
Berpikir Kreatif, DioramaAbstract
Berpikir kreatif merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki anak, kehadiran
pengetahuan sosial disusun agar siswa mampu merefleksikan dan membangunnya karena
nantinya kehidupan masyarakat akan dinamis dan selalu berkembang. Fokus penelitian ini
adalah penerapan media Diorama pada siswa kelas IV SDN Lontar Baru saat pembelajaran
IPS sebagai upaya meningkatkan kemampuan berpikir kreatifnya. Desain Penelitian
Tindakan Kelas diambil oleh peneliti sebagai metode. Kemudian dari hasil observasi yang
dilakukan terhadap siswa, hampir semua siswa sudah mengikuti pembelajaran dengan
sangat baik, bahkan dapat dikatakan mengalami peningkatan dari sebelumnya pada siklus 2
telah terjadi kenaikan nilai post test anak yaitu siklus 2 memperoleh skor total 91.
Berdasarkan hal tersebut dapat dijelaskan bahwa penelitian telah berhasil.