Usaha-Usaha Zending Dalam Proses Pengadaban Orang Papua 1855-1962

Authors

  • Albert Rumbekwan Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
  • Megiridha Loppies Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Cenderawasih

Keywords:

Zending, Pendidikan, Pengadaban Orang Papua 1855-1962

Abstract

Artikel ini mengkaji usaha-usaha Zending Belanda dan Jerman dalam bidang Pendidikan
untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia Papua. Kehadiran Zending di Papua tahun
1855-1962, memiliki tiga program prioritas yakni; Teologi, Pendidikan, dan Kesehatan.
Ketiga bidang ini berjalan seiring dalam pekerjaan para Zending di Papua. Namun dalam
perkembangannya, kurang lebih setengah abad (50 tahun), proses pekabaran injil yang
menjadi tugas utama misi Zending mengalami hambatan dan hampir gagal. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahuai dan mendeskripsikan peran dan usaha-usaha
Zending Belanda dan Jerman dalam bidang Pendidikan sebagai proses pengadaban orang
Papua. Penelitian ini menggunakan metode sejarah yang terdiri dari: Heuristik, Kritik
Sumber, Interpretasi dan Historiografi. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa masa
depan orang Papua hanya dapat terjadi melalui pendidikan. Oleh karena itu Zending
memulai pendidikan formalnya khusus bagi orang Papua di wilayah kerjanya. Kesimpulan
Keberhasilan Zending mencerdaskan orang Papua, tak lepas dari sistem dan manajemen
pendidikan yang diterapkan dan dikontekstualisasi dalam budaya Papua serta disiplin.

Downloads

Published

2024-03-28