Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Sejarah di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Rianko Luturmas Universitas Sebelas Maret
  • Djono Universitas Sebelas Maret
  • Triana Rejekiningsih Universitas Sebelas Maret

Keywords:

Pendidikan karakter, Pembelajaran Sejarah, pamdemik covid-19.

Abstract

Pendidikan karakter adalah upaya mewujudkan generasi bangsa yang cerdas dan baik atau
memiliki ahlak mulia dan berkepribadian Indonesia. Keberhasilan Pendidikan karakter
mengisyaratkan pembelajaran tidak serta merta dilihat dari pesepektif ranah kognitif saja
melainkan bagaimana keseimbangan ranah kognitif, afektif, dan psikomotor yang muaranya
adalah mewujudkan manusia seutuhnya. Kondisi pandemik Covid-19 saat ini menjadi
tantangan bagi dunia pendidikan khususnya pendidikan formal dalam upaya pendidikan
karakter bangsadi SMA Negeri 15 Kabupaten Kepulauan Tanimbar. Pembelajaran dominan
tidak dilakukan dengan tatap muka sehingga menjadi tantangan guru dalam proses
pendidikan karakter tersebut. Dengan demikian tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
bagaimana penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran pada masa pandemi covid-19.
Penelitian ini bersifat kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan implementasi pendidikan karakter selama
masa pandemi COVID-19 membutuhkan sinergitas antara lingkungan keluarga, sekolah dan
masyarakat. Dengan demikian, penting lingkungan peserta didik mendukung pengembangan
pendidikan karakter di SMA Negeri 15 Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Downloads

Published

2024-03-28