Ke-Papuaan Pada Pembelajaran Sejarah di Sekolah Menengah Atas Kota Jayapura

Authors

  • Susanto T. Handoko 1 Program Studi Pendidikan Sejarah, FKIP Universitas Cenderawasih

Keywords:

Pembelajaran Sejarah, Ke-Papuaan, Kota Jayapura

Abstract

Pendidikan sejarah diharapkan dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan atau isu-isu
terkini baik dalam konteks lokal, nasional maupun global. Penelitian ini bertujuan untuk
mengkonstruksikan materi Ke-Papuaan dalam buku teks Sejarah Nasional. Pendekatan
penelitian yang peneliti gunakan adalah pendekatan kualitatif dengan analisis buku teks
dengan menggunakan metode analisis wacana kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
pembelajaran sejarah lokal Papua yang memuat materi Ke-Papuaan dalam buku teks
Sejarah Nasional Indonesia masih minim dinarasikan. Pentingnya pembelajaran sejarah di
Papua yang memuat materi relasi Ke-Papuaan dan Ke-Indonesiaan akan menguatkan
integrasi bangsa. Materi pendidikan sejarah mampu mengembangkan potensi peserta didik
untuk mengenal nilai-nilai bangsa yang diperjuangkan pada masa lalu, dipertahankan dan
disesuaikan untuk kehidupan masa kini, dan dikembangkan lebih lanjut untuk kehidupan
masa depan.

Downloads

Published

2024-03-28