Nilai Sejarah Toponimi Anak Sungai Musi di Seberang ULU I Palembang Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah Lokal

Authors

  • Yusup Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
  • Sukardi ProgramStudiPendidikanSejarah,FakultasKeguruandanIlmuPendidikan,UniversitasPGRIPalembang
  • Dina Sri Nindiati ProgramStudiPendidikanSejarah,FakultasKeguruandanIlmuPendidikan,UniversitasPGRIPalembang
  • Widya ProgramStudiPendidikanSejarah,FakultasKeguruandanIlmuPendidikan,UniversitasPGRIPalembang

Keywords:

Nilai, Toponimi, Sungai, Pembelajaran

Abstract

Toponimi atau Pemberian nama oleh manusia bertujuan untuk mempermudah dalam
mengidentifikasi suatu benda maupun tempat. Masalah dalam penelitian ini masyarakat masih
belum banyak mengetahui tentang sejarah anak sungai diPalembang khususnya di Seberang
Ulu I dan bagi Sekolah masih minimnya Sumber Belajar mengenai Nilai sejarah anak Sungai
Musi diseberang Ulu I sehingga dapat dijadikan Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah Lokal.
Tujuan Penelitian untuk mengetahui nilai sejarah Toponimi anak sungai musi yaitu Sungai
Pekapuran dan Sungai aur, Metode dalam penelitian ini menggunakan Deskriptif Kualitatif,
yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan,
pengumpulan data dengan Survey, Observasi, Wawancara, Dokumentasi, dan Studi Pustaka.
Analisis data dimulai dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. hasil
penelitian dan pembahasan bahwa Toponimi Anak Sungai Musi di Seberang Ulu I Khususnya
Sungai Pekapuran dan Sungai Aur Terdapat Nilai Sejarah, Ekonomi, Sosial, Religius dan
lainnya yang dapat dijadikan sebagai sumber pembelajaran Sejarah Lokal di Palembang.

Downloads

Published

2024-03-28